Gudang Karet di Padang Ludes Terbakar

PADANG – Gudang pabrik karet milik PT Incasi Raya di kawasan Bypass, Kelurahan Pampangan, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (23/4/2018), ludes terbakar. Belasan unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sejak subuh tadi. Lalu, api mulai membesar sekitar pukul 06.10 WIB. Sebanyak 19 unit armada pemadam kebakaran (Damkar) berjibaku menjinakkan si jago merah.

Kepala Damkar Kota Padang, Hendrizal Azhar mengatakan, kebakaran pabrik karet tersebut sulit  dipadamkan. Selain Damkar, satu unit ekskavator juga dikerahkan untuk membantu mengeluarkan material karet dan sebagainya dari dalam gudang.

“Ada belasan armada yang diturunkan, dari Damkar padang 10 unit dibantu armada dari Pelindung juga punya Semen Padang,” katanya.

Peristiwa ini dikabarkan belum ada korban jiwa. Namun, kerugian material di dalam gudang diperkirakan lebih dari Rp. 2 Miliar. Untuk melancarkan proses pemadaman, anggota Polsek Lubuk Begalung dibantu Satlantas Polresta Padang menutup dan mengalihkan jalur jalan kendaraan. Peristiwa ini belum diketahui penyebab utamanya.

Puluhan warga yang bermukim di dekat lokasi kebakaran, dievakuasi petugas Dinas Pemadam Kebakaran pagi tadi, karena api mulai membesar dan membakar material yang mudah terbakar di dalam gudang tersebut.

“Kami berusaha agar api yang membakar bagian Timur gudang tidak sampai ke rumah warga yang ada di belakangnya,” sebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Padang, Hendrizal Azhar. (rd)