Pencarian Korban Gempa dan Tsunami Masih Berlangsung

Tim SAR menemukan salah satu korban meninggal dunia dari reruntuhan Hotel Roa Roa Palu akibat gempa, Minggu (30/9/2018).(Foto: Dok Humas Kantor SAR Palu)

JAKARTA – Upaya pencarian korban masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan pada lokasi terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kini jumlah korban jiwa, tercatat lebih dari seribu.

“Totalnya 1.234 orang meninggal dunia dari daerah yang terdampak,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Selain korban jiwa, ada pula yang mengalami luka berat dan yang dinyatakan hilang. Jumlah rumah yang rusak juga telah didata meski belum final.

Peristiwa itu diawali dengan gempa yang berpurat di Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) dengan kekuatan terbesar adalah M 7,4. Beberapa menit setelah gempa, BMKG mengeluarkan peringatan tsunami.

Setelah itu tsunami melanda sejumlah wilayah dan yang terkuat kena dampaknya sejauh ini tercatat adalah Kota Palu. Peringatan kemudian diakhiri setelah tsunami dipantau surut. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *