Atlet Karateka Aceh Berjaya di Open Karateka Internasional

Muhammad Tawakallah Nagata disambut dengan kalungan bunga saat tiba di Aceh

BANDA ACEH-Atlet Karateka asal Aceh, Muhammad Tawakallah Nagata, berhasil mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan karate antar pelajar bertaraf Internasional di Open International de Karate De La Province De Liege yang berlangsung 17-18 November 2018 di Belgia.

Dia merupakan siswa SMPN 3 Banda Aceh. Keberhasilan putra bungsu tiga bersaudara pasangan Muklis Zainal dan Irma Suryanti ini setelah berhasil melalui sejumlah pertandingan bergengsi.

Modal Muhammad Tawakallah Nagata meraih tiket lolos di Open International de Karate De La Province De Liege, di Belgia hingga mampu menyabet juara III dan membawa pulang medali perunggu, tidaklah mudah.

Sebab, ia harus mengalahkan rekan sejagat di tanah air pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) mewakili Aceh di Yogyakarta 16-22 September lalu. Muhammad Tawakallah Nagata, turun di nomor  usia-16 pada kejuaraan pelajar tingkat internasional.

Pada perebutan juara III ia harus berhadapan dengan karateka asal Spanyol. Beruntung ia berhasil mengalahkan lawannya dengan skor 3-2. Dan akhirnya ia berhasil meraih juara III.

Untuk juara I Open International de Karate De La Province De Liege, di Belgia, diraih karateka asal Perancis dan juara II diraih karateka asal asal Inggris.

Kepulangan atlet kebanggaan Indonesia secara umum dan Aceh pada khususnya dijemput Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, MPd yang diwakili Kasi Aplikasi TIK UPTD Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Drs Anwar M Isa, di Bandara Sultan Iskandarmuda, Aceh Besar.

Prestasi yang dicapai Muhammad Tawakallah Nagata diharapkan menjadi inspirasi bagi siswa Aceh lainnya dalam mendulang prestasi di tingkat internasional.

“Kita bangga atas capaian prestasi yang telah dibuktikan Muhammad Tawakallah Nagata di kancah Internasional. Sehingga, atlet Aceh terus di perhitungkan di tanah air maupun Internasioan,” kata Anwar M Isa mengutip ucapan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin.

Muhammad Tawakallah Nagata, saat ini masih duduk di bangku kelas IX/3 SMPN 3 Banda Aceh menggapai prestasi di kejuaraan dunia Bronzel Individual Kata U 16 Champion, 17-18 November 2018 di Hall OmniSport La Prelalle, Hertal Belgium, Belgia.

Dua pertandingan babak penyisihan, karateka Aceh itu dengan perkasa menundukkan Jerman dengan sekor 5-0, lawan Argentina menang 5-0. Namun, langkah Muhammad Tawakallah Nagata sempat terhenti untuk melaju ke babak final. Sebab, ia kalah melawan karateka asal Inggris dengan skor akhir 2-3.

Namun, pada perebutan peringkat ketiga, Muhammad Tawakallah Nagata kembali tampil perkasa dengan mengalahkan karateka Argentina dengan skor 3-2. Atas prestasi tersebut, pelajar yang kini menetap di Bitai Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar berhak atas gelar juara III.

Ia mengaku prestasi yang dicapai di Belgia, akan dijadikan keberhasilan tersebut sebagai motivasi bagi dirinya untuk terus menekuni dunia olahraga keras tersebut.

“Saya akan segera mempersiapkan diri untuk mengikuti Kejuaraan Piala Mendagri yang akan berlangsung di Jakarta tahun 2019 mendatang,” kata Muhammad Tawakallah Nagata. (rel/pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *