Polisi dan Masyarakat Harus Bersinergi

analisisnews.com/agus: SILATURRAHMI: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori, SIK didampingi pejabat Polres setempat saat menggelar kegiatan silahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa serta, pengurus partai politik, caleg, keuchik dan unsur terkait lainnya di Blangpidie, Senin (3/12/2018)

BLANGPIDIE-Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Moh Basori, SIK Senin (3/12/2018) mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten setempat untuk tetap menjaga sinergitas, sehingga kondisi daerah yang kondusif akan tetap terwujud. Sebab peran serta masyarakat sangat menentukan dan menjadi satu pendukung dalam meningkatkan keamanan di Abdya.

Hal tersebut disampaikan AKBP Moh Basori, SIK saat menggelar silahturahmi dengan kalangan masyarakat Kecamatan Blangpidie dan Jeumpa serta, pengurus partai politik, caleg, keuchik dan unsur terkait lainnya di Blangpidie.

Dikatakan, kebutuhan akan pentingnya terwujud stabilitas Kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari aparat penegak hukum, tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri.

Karenanya yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana antara masyarakat dan Polisi terjalin suatu hubungan yang sinergis dalam mengupayakan terwujudnya kondisi Kamtibmas yang stabil sehingga dapat mendukung pembangunan nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur, spiritual dan material. Tidak hanya menjelang Pemilu, namun peran serta masyarakat dibutuhkan setiap saat dalam menciptakan suasana kondusif.

“Kalau ada masalah jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya atau bisa langsung ke rumah saya. Agar segera diselesaikan secara baik-baik, arif dan bijaksana,” imbuhnya.

Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, akan pentingnya suasana yang aman dan tertib. Pelibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas sejatinya tidak sekedar membantu aparat Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Namun yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat.

“Menjaga keamanan merupakan tanggungjawab bersama, maka dari itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Apalagi menjelang pelaksanaan Pemilu ini, kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat sangat menentukan terciptanya Abdya yang kondusif,” paparnya.

Julinardi pengurus Partai Hanura Abdya dalam kesempatan itu mengapresiasi kegiatan silahturahmi yang digagas pihak kepolisian tersebut. Menurutnya, masyarakat sangat menjadi sebuah penentu dalam menjadikan daerah yang aman dan tenteram. Pengamanan merupakan hal yang sangat penting selama pesta demokrasi untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam memberikan hak sebagai warga negara. Dia mendukung sepenuhnya harapan yang disampaikan oleh Kapolres Abdya, AKBP M.Basori, SIK untuk menjaga kestabilan kemanan di Abdya termasuk menjelang pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Upaya Kapolres Abdya dan jajarannya dalam merangkul seluruh kalangan masyarakat sangat tepat. Apalagi kondisi Abdya saat ini memang terbilang aman, sehingga hubungan sinergitas perlu untuk terus dipupuk dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya yang juga anggota DPRK Abdya. (ag)