Pameran Bursa Inovasi Desa di Abdya

analisisnews.com/agus
INOVASI DESA: Keuchik, pendamping desa dan unsur terkait lainnya mengikuti pameran bursa inovasi desa yang berlangsung di pendopo baru bupati Abdya, Sabtu (8/12/2018

BLANGPIDIE-Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya), Sabtu (8/12/2018) menggelar kegiatan pameran bursa inovasi desa yang berlangsung di pendopo baru bupati setempat.    

Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal, S. Sos mengatakan pameran bursa inovasi desa merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pembangunan potensi ekonomi lokal.

Melalui program inovasi desa ini, diharapkan mampu memicu pertukaran pengetahuan secara partisipatif, salah satunya sebagai bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Penyaluran dana desa merupakan wujud pemerintah daerah dalam menjalankan undangan- undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Sebab, penggunaan dana desa tersebut digunakan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dia juga erharap melalui pameran bursa inovasi desa ini dapat menjembatani sumber daya lokal dengan pemanfaatan dana desa yang lebih efektif. Tentunya dengan meningkatkan program yang lebih bermanfaat untuk membangun desa masing-masing.

“Harapan kami dengan adanya inovasi desa ini dapat dijadikan sebuah forum dalam penyebaran dan pertukaran inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang dalam membangun desa, ” ujarnya.

Selain dihadiri Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, kegiatan itu juga turut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten, kepala satuan kerja perangkat kabupaten, keuchik, pendamping desa serta unsur terkait lainnya. (ag)