Jalan Lintas Abdya-Gayo Lues Rawan Longsor



Ilustrasi jalan longsor (sumber: internet)

BLANGPIDIE- Jalan lintas Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang menghubungkan Terangun Kabupaten Gayo Lues rawan longsor. Kondisi ini dipicu oleh tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Abdya dan sekitarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin Selasa (11/12/2018) mengatakan, akibat tingginya curah hujan mengakibatkan terjadinya longsor di lintas jalan Abdya-Gayo Lues tepatnya dikawasan Km 25. Bahkan 10 warga yang melintasi kawasan dimaksud sempat terjebak longsor selama 10 jam.

“Longsor itu terjadi pada Senin (10/12/2018) kemarin. Namun semua warga yang terjebak berhasil dievakuasi setelah dilakukan pembersihan material longsor berupa tanah gunung, bebatuan hingga pohon yang tumbang,” terangnya.

Untuk saat ini lintasan jalan antar kabupaten itu mulai bisa untuk dilalui, namun harus tetap berhati-hati, sebab kondisi jalan belum sepenuhnya stabil. Hingga saat ini pembersihan lokasi jalan dari material longsor telah selesai dilakukan dengan melibatkan tim dari BPBK serta dibantu Dinas PU, Dinas Sosial, TNI, Polisi ditambah satu unit alat berat dan mesin pemotong kayu.

“Lintasan jalan tersebut juga telah kembali normal, namun para pengendara harus tetap berhati-hati. Sebab badan jalan tetap akan licin jika dalam kondisi basah, apalagi kondisi jalan yang belum diaspal. Potensi terjadinya longsor kembali tetap ada di beberapa titik. Saat ini kami masih siaga dan terus memantau perkembangan di lapangan, termasuk juga di lokasi lain,” ujarnya.(ag)