Riswan “Metro”: Kembangkan Potensi Lokal Jadi Sumber Perekonomian

analisisnews.com/kasman: FOTO BERSAMA: Drs. H. Riswan NS, (enam kanan/duduk dan berpeci), mengabadikan foto bersama, usai melaksanakan kampanye terbatas, dalam safari politiknya ke kabupaten Aceh Jaya, Kamis (27/12/2018).

CALANG – Dalam rangka melaksanakan tahapan kampanye Pemilu Legislatif 2019, mantan Bupati Simeulue, Drs. H. Riswan. NS, atau akrab disapa Riswan “Metro”, mulai berkampanye di Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (27/12/2018).

Riswan “Metro” merupakan Caleg Nomor Urut 4 dari partai PKS untuk dapil 10. Dalam kampanyenya, dia mengajak masyarakat Aceh Jaya untuk mengembangkan potensi lokal menjadi sumber perekonomian.

Riswan Metro bersama isteri Hj. Efrida Soetan dan rombongan, tiba di tempat acara langsung disambut sejumlah pengurus PKS, diantaranya ketua DPC PKS kabupaten Aceh Jaya, Tgk. Darlis, Sekretaris T. Hasbianto, Bendahara Tgk Baihaqi dan pengurus maupun kader-kader dan simpatisan PKS lainnya.

Pada acara ramah tamah yang dipusatkan di Balai Desa gampong Gunong Meunasah, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya itu, H Riswan. NS, mengatakan, daerah Aceh Jaya sangat kaya dengan potensi sumber daya lokal, terutama tanahnya yang sangat subur, banyak ternaknya, perkebunan sawit dan karet.

“Dan ini tugas kita semua untuk mengembangkannya di masa mendatang,” kata Riswan Metro dihadapan pendukung dan simpatisan yang memadati lokasi kampanye terbatas itu.

Riswan yang juga pernah menjadi protokol Bupati Aceh Barat selama 10 tahun di masa Bupati Teuku Rosman ini, menambahkan, jika masyarakat Aceh Jaya mempercayakan dirinya menjadi anggota DPRA, pihaknya memperjuangkan peningkatakan perekenomian masyarakat, terutama menggerakkan potensi sumber daya lokal.

Potensi yang akan digerakkannya yakni bidang pertanian, peternakan, perkebunan maupun perikanan. Demikian juga bidang keagamaan, pihaknya akan mengembangkan balai pengajian yang ada di Aceh Jaya dan diupayakan menjadi Pesantren yang representatif.

Bila dipercayakan menjadi anggota DPRA, pihaknya bersama PKS lainnya, seperti Tgk. Darlis dan T. Hasbianto di DPRK Aceh Jaya, juga akan secara bahu membahu memperjuangkan peningkatakan perekenomian masyarakat dimaksud.

”InsyaAllah, kalau bapak dan ibu ragu-ragu buat kontrak politik, tapi harus ada kebersamaan kita tentunya. Kami memperjuangkan nasib kita semua melalui berbagai sumber dana pemerintah, termasuk aspirasi sesuai kebutuhan daerah,” tegas Riswan Metro.

Lebih lanjut, dia mengatakan bila dipercayakan di DPRA nantinya, Riswan akan bisa mendatangi dan berkomunikasi dengan para kepala Dinas Propinsi untuk program usulan pembangunan ekonomi, sosial maupun pembangunan fisik di daerah, sesuai potensi masing-masing wilayah gampong yang ada di Aceh Jaya.

Jalur Transit

Riswan juga mengaku sedih melihat konsdisi hari ini. Setelah muaibah tsunami Aceh, kota Calang sudah seperti kota mati. Kota Calang, katanya, tidak lagi menjadi tempat teransit untuk jalur barat selatan Aceh, karena sudah dibangun jalan baru di luar kota Calang.

”Dulu semua mobil melintas singgah di kota Calang untuk makan dan salat di Mesjid Calang. Sekarang tidak lagi melewati kota Calang karena sudah dibangun jalan baru di luar. Calang sudah sepi bagai kota mati. Ini tugas kita bersama menghidupkan kembali menjadi kota transit. Perlu kita perjuangkan pelabuhan fery, karena Calang-Sinabang, kabupaten Simeulue ( Simeulue Barat-red) jarak tempuhnya ke Calang lebih dekat dibandingkan ke Meulaboh,” katanya.

Sebelumnya, Riswan berterima kasih kepada Kepala Desa diwakili Sekdes Gampong Gunong Meunasah yang sudah memfasilitasi tempat kegiatan. Dia juga m ngucapkan terimakasih k pada Panitia Pengawas Kecamatan, Syafrizal, maupun pihak Polsek Setia Bakti yang telah memberikan izin.

Dalam kampanye dimaksud juga dilakukan bersama Caleg PKS Dapil 4 DPRK Aceh Jaya, Tgk. Darlis dan T. Hasbianto. Turut hadir pula para tokoh ulama dan tokoh masyarakat serta seluruh simpatisan.

Sebelumnya, Sekretaris DPC Partai Keadilan Sejahtera Aceh Jaya, Tgk Hasbianto, yang juga Caleg Dapil 4 DPRK Aceh Jaya nomor urut 2 bersama Tgk Darlis nomor urut 1, berkomitmen secara bersama-sama berjuang untuk dapat memperoleh minimal satu kursi DPRK Aceh Jaya. Kedua caleg ini juga berjanji memperjuangkan aspirasi dan nasib masyarakat Aceh Jaya pada umumnya, dan dari Dapil 4 khususnya.

“Dan insyaAllah kalau Allah mengizinkan kita semua dengan niat dengan penuh ikhlas ini akan kita dapatkan kursi minimal dua, paling tidak satu kursi. Kami berkomitmen secara bersama untuk pemenangan bersama tengku Darlis. Saya selalu berpesan ,kita memilih secara baik, secara jernih dengan syarat kalau ada orang dalam kampong kita, untuk apa kita pilih orang yang di luar,” ajak T. Hasbianto.

“Dan pada hari ini dihadapan kita ada Caleg PKS untuk DPRA nomor urut 4 Bapak Drs. H. Riswan, NS sudah berkomitmen dengan kita. Artinya, kalau memang masyarakat mempercayakan kami di dewan, kami sama-sama meperjuangkan nasib rakyat baik melaui pemerimtah Kabupaten mapun tingkat provinsi,” katanya. (ks)

Editor: Barlian

Jurnalis: Kasman