18 PPK Abdya Tambahan Dilantik

analisisnews.com/agus
PENGUKUHAN: Sebanyak 18 anggota PPK tambahan mengikuti prosesi pengukuhan di aula KIP Abdya, Rabu (2/1/2019).

BLANGPIDIE-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (2/1/2019) secara resmi melantik 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan. Pelantikan PPK tambahan itu, pasca dikeluarkannya putusan Mahkamah Kontitusi (MK) nomor 31/PPU-XIV/2018 untuk menyukseskan Pemilu mendatang.

Prosesi pengambilan sumpah yang berlangsung di aula Kantor KIP setempat, turut disaksikan para komisoner KIP lainnya, Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Drs Yafrizal, perwakilan unsur Forkompinkab, para Camat, anggota Panwaslih dan unsur terkait lainnya.

Ketua KIP Abdya, Sanusi usai melantik 18 PPK tambahan itu mengatakan, untuk mewujudkan kerjasama yang optimal dalam menyukseskan Pemilu mendatang, seluruh PPK harus menjaga sinergitas, baik PPK yang telah bertugas lebih awal maupun PPK yang baru. Dengan dilantiknya PPK tambahan ini, jumlah personel PPK secara keseluruhan dalam sembilan kecamatan menjadi 45 orang.

Sebelumnya jumlah PPK 27 orang, setelah mendapat penambahan sebanyak 18 orang, jumlah PPK Abdya menjadi 45. 18 anggota PPK tambahan yang dilantik itu terdiri dari 5 perempuan dan 13 laki-laki.

Penambahan anggota PPK ini memang sangat membantu, lantaran tugas dan beban penyelenggara Pemilu saat ini sudah ditambah dengan dilaksanakannya Pileg dan Pilpres secara serentak. Maka hal itu sangat wajar dengan kondisi seperti ini, sehingga kinerja PPK lebih optimal.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Yafrizal mengucapkan selamat kepada KIP Abdya yang sebelumnya telah mampu menyeleksi anggota PPK, termasuk anggota PPK tambahan ini sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018.

Menurutnya, sebuah keberuntungan bagi PPK yang telah dilantik karena telah mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari negara untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi, yang akan menentukan nasib bangsa dan negara selama lima tahun ke depan.
Namun, tanggungjawab dan tugas yang diemban tentunya tidaklah ringan. Selaku PPK pasti memiliki tugas dan wewenang, yang cukup berat. Karena itu, PPK diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tahapan Pemilu yang telah direncanakan, dengan harapan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses. (ag)