Cek Hasil Panen, PPL dan Babinsa Teupah Barat lakukan Pengubinan

SINABANG – Untuk menghitung hasil produksi lahan pertanian, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) bersama dengan Babinsa Kecamatan Teupah Barat melakukan pengubinan hasil panen padi di persawahan Desa Lantik, Kamis (10/1/2019)

Kegiatan pengubinan tersebut dilakukan untuk mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi. Dari hasil pengubinan dengan pengambilan sample seluas 2.2 meter persegi sebanyak tiga kali sampel. Sampel pertama menghasilkan 4.4 kg gabah, sampel kedua menghasilkan 5.0 kg gabah dan sampel yang ketiga menghasilkan 2.9 gabah.


“Setelah dihitung dan dikalkukasikan dari tiga kali sampel yang diambil dalam pengubinan tersebut didapatkan hasil sebanyak 12,3 kg gabah basah tanpa pupuk. Oleh karenanya diperkirakan pada area satu hektar dapat memetik gabah basah sekitar 5,65 ton dan jika gabah sudah kering akan mendapatkan hasil sekitar 5,5 ton/hektar,” kata Sajli Alimunir, SST selaku koordinatir penyuluh pertanian Kecamatan Teupah Barat.

Sajli mengatakan, angka tersebut merupakan hasil yang sangat memuaskan karena diperoleh dari hasil panen padi tanpa pupuk. “Alhamdulilkah ternyata hasilnya sangat memuaskan. Ini merupakan hasil dari penanaman padi tanpa pupuk, bagaimana kalau seandainya di pupuk, tentu hasilnya lebih meningkat lagi,” ungkap Sajli.

Setcam Teupah Barat, Novyardi, SST yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi atas apa yang telah diupayakan oleh tim PPL beserta dengan Babinsa Kecamatan Teupah Barat.
“Ini semua tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan dari selama ini oleh PPL dengan Babinsa dalam upaya meningkat hasil produksi pertanian di Kecamatan Teupah Barat sehingga masyarakat petani mendapatkan hasil yang lebih meningkat dari sebelum-sebelumnya,” kata Novyardi.

Novyardi menambahkan, dari hasil pengumbian padi tersebut menunjukan bahwa, tanah persawahan dalam wilayahnya itu memiliki kualitas yang sangat bagus. “5,5 ton/ hektar itu menunjukan kualitas tanah persawahan kita sangat bagus, tinggal bagaiman cara kita mengolah dan memanfaatkannya,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Danposramil Kecamatan Teupah Barat, Peltu Salman Bakti beserta anggota dan Kabid Penyuluh Pertanian Kabupaten Simeulue, Sumarlin, SST. [red]