KIP Abdya Rekrut Relawan Demokrasi

Ilustrasi

BLANGPIDIE-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan rekrutmen relawan demokrasi. Proses rekrutmen relawan dimaksud berlangsung di sekretariat KIP setempat.

Ketua KIP Abdya, Sanusi kepada wartawan Rabu (16/1/2019) mengatakan, sejak dibuka pada Senin (14/1/2019) lalu, warga yang berminat menjadi relawan tersebut lumayan banyak. Dijelaskan,nantinya relawan demokrasi berjumlah 55 anggota untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan Pemilu 2019 dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Relawan ini mempunyai syarat dan kriteria tertentu. Relawan inilah nantinya yang akan diharapkan dapat membantu KIP sebagai penyelenggara Pemilu dalam mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat luas.

Rekrutmen relawan demokrasi ini berdasarkan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi Pemilu serentak 2019. Mereka akan ditugaskan selama 3 bulan untuk mensosialisasikan Pemilu 2019. Dengan adanya relawan demokrasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak politik mereka dalam menentukan pemimpin ke depan melalui pemilihan Presiden dan Legislatif.

Adapun kriteria calon relawan demokrasi, antara lain orang yang memiliki kemampuan dalam melakukan sosialisasi baik terhadap lingkungan sekitar maupun organisasi serta komunitas yang diikuti dan yang terpenting mampu memsosilasisaikan melalui media sosial.

“Setelah diseleksi akan diluluskan sebanyak 55 orang dan mereka akan bertugas ke sejumlah lokasi yang merupakan basis serta menjalankan tugas selama tiga bulan,” terangnya.

Ditambahkan, relawan demokrasi tersebut bentuk peran serta masyarakat yang diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

“Bentuk sosialisasinya beragam, nanti akan disesuaikan kembali setelah kelulusan mereka diumumkan. Sebelum bertugas nantinya mereka akan dibekali terkait peran mereka dalam membantu tugas penyelenggara,” pungkasnya. (ag)