Tim Jokowi-Makruf Luncurkan Bus Repnas Jelajah Nusantara

Foto: analisisnews.com: Bus Repnas Jelajah Nusantara dipeuseujuk (tepung tawar) oleh seorang tokoh adat di Banda Aceh, Minggu (20/1/2019)

BANDA ACEH – Tim calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yang tergabung dalam Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), melepas Bus Jelajah Nusantara di Banda Aceh, Minggu (20/1/2019).

Bus jelajah dimaksud akan bertolak dari Banda Aceh dan melewati kota-kota besar maupun daerah di 16 provinsi di Indonesia. Dalam peluncuran, terlihat para tim dan simpatisan Jokowi-Makruf di Aceh mengenakan baju kaos putih bergambarkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 itu.

Ketua Nasional Repnas, Eka Sastra mengatakan, peluncuran bus tersebut untuk mengabarkan kepada daerah-daerah yang dilintasi, terkait keberhasilan Jokowi selama 4 tahun terakhir memimpin Indonesia. Pihaknya, menargetkan perjalanan bus selama 141 hari dan berakhir pada akhir bulan Maret mendatang.

“Alasan mengapa Aceh menjadi titik tolak dari perjalanan ini adalah karena banyak tonggak sejarah lahir di Aceh, antara lain Perang Aceh yakni perang rakyat Aceh melawan Belanda yang berlangsung kurang lebih selama 30 tahun,” ujarnya.

Selain itu, kata Eka, sejarah panjang perjuangan rakyat Aceh, membuktikan adanya ketahanan dan daya juang yang tinggi, yang bersumber dari kehidupan religius, adat yang kukuh dan budaya Islam yang kuat dalam menghadapi kaum penjajah. “Hal tersebut menjadi sumber inspirasi kami di Repnas untuk menjadi pribadi yang tidak pantang menyerah,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tujuan Repnas mengadakan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan keberhasilan Jokowi di bidang ekonomi, infrastruktur dan penciptaan lapangan kerja melalui lahirnya pengusaha muda di berbagai daerah.

“Kami ingin berbagi pengetahuan yang lebih mendalam serta meningkatkan pemahaman publik di berbagai daerah akan hasil kerja Jokowi,” katanya, seraya mengungkapkan sebanyak 10 bus yang dilepas untuk kegiatan ini akan memasuki pelosok nusantara.

Dalam pelepasan bus, yang dipusatkan di Simpang Lima Banda Aceh itu, melepas tiga bus yang menjelajahi wilayah Barat, tengah dan timur provinsi Aceh maupun ke wilayah Sumatera lainnya. Pelepasan ini, terlihat diiringi dengan peuseujuk (tepung tawar) oleh seorang tokoh di Banda Aceh. 

Eka menambahkan, di kota-kota yang dilewati Bus Repnas, tim akan berinteraksi dengan masyarakat setempat yakni melakukan wawancara untuk mengetahui hal-hal apa yang sudah dirasakan. Selain itu, sosialisasi program Repnas, kegiatan sosial dan hiburan maupun kegiatan lomba berskala nasional.

“Pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan Jokowi dalam memimpin selama lima tahun. Infrastruktur dibangun tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di pelosok-pelosok daerah, sepertu Papua,” ujarnya. (red)