KIP Abdya Kukuhkan Relawan Demokrasi

analisisnews.com/agus : DIKUKUHKAN: 55 Relasi usai dikukuhkan oleh Ketua KIP Abdya, Sanusi di aula Kantor KIP setempat, Rabu (23/1/2019).

BLANGPIDIE-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (23/1/2019) mengukuhkan sebanyak 55 Relawan Demokrasi (Relasi) untuk menjalankan tugasnya menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden/Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRA dan DPRK di kabupaten setempat.

Ketua KIP Abdya, Sanusi menekankan kepada seluruh Relasi yang telah dikukuhkan untuk bekerja dengan maksimal sesuai tanggung jawab yang telah diamanahkan sejak dikukuhkan menjadi salah satu komponen penyelenggara Pemilu 2019. 

Pembentukan Relasi berdasarkan surat KPU RI nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi Pemilu serentak 2019. Mereka ditugaskan selama 3 bulan untuk mensosialisasikan Pemilu 2019.            Diharapkan dengan adanya relawan demokrasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak politik mereka dalam menentukan pemimpin ke depan melalui pemilihan Presiden dan Legislatif.           

Dari 380 peserta Relasi yang mendaftar, sebanyak 55 Relasi diluluskan usai mengikuti seleksi administrasi dan wawancara. Dari banyaknya peserta yang mendaftar, terdapat 39 peserta dinyatakan gugur lantaran terlibat dalam partai politik. Mereka yang terlibat partai politik bisa dilihat langsung dalam SIPOL. Sebab, relawan demokrasi yang akan bekerja ini benar-benar harus profesional dan netral tanpa terlibat dalam partai politik. Usai dikukuhkan, para relawan ini dibekali dengan bimbingan teknis oleh komisoner KIP setempat. Terutama mengenai edukasi peran dan tujuan relawan demokrasi itu sendiri.

Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal SSos berharap kepada relawan demokrasi untuk bekerja dengan maksimal dalam memberikan penyuluhan tentang Pemilu kepada seluruh lapisan masyarakat di Abdya.

Untuk itu, terapkanlah langkah-langkah dan petunjuk yang akan dibekali oleh para komisoner KIP demi kelancaran proses pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Semoga saja, apa yang telah diupayakan bersama akan mewujudkan semua cita-cita untuk menjadikan Abdya aman dan damai serta melahirkan pemimpin terbaik.

Selain Ketua KIP Abdya Sanusi SPd didampingi para komisioner, Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal SSos, kegiatan itu juga turut dihadiri Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, Kabag Ops Polres Abdya AKP Haryono SE dan para camat serta unsur terkait lainnya.(ag)