Masyarakat Abdya Dihimbau Tertib Berlalulintas

analisisnews.com/agus: DIABADIKAN: Jajaran Polres Abdya diabadikan usai sosialisasi terkait pentinya tertib berlalulintas kepada anggota komunitas motor di Abdya, Kamis (24/1/2019).

BLANGPIDIE-Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menghimbau kalangan milenial dan seluruh masyarakat kabupaten setempat untuk selalu tertib dalam berlalulintas. Ajakan tersebut disampaikan mengingat angka pelanggaran lalulintas selalu dipicu oleh pengendara yang tidak tertib dalam berkendara.

Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori, SIK melalui Kasatlantas, Iptu Adek Taufik Kamis (24/1/2019) mengatakan, tertib berkendara di jalan raya merupakan langkah paling tepat untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya.

“Karenanya sangat penting mengajak seluruh lapisan masyarakat agar semakin tertib dalam berkendara, terutama bagi generasi muda,” ujarnya saat menggelar sosialisasi Milenial Road Safety Festival yang diikuti komunitas motor di Abdya.

Tujuan sosialisasi tersebut dalam rangka mewujudkan generasi milenial yang cinta dan mendukung ketertiban dalam berlalulintas untuk menuju Indonesia gemilang. Selain itu, sosialisasi tersebut dilakukan sebagai upaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan berlalulintas.

Menurutnya sosialisasi ini diberikan karena kesadaran dalam tertib berlalulintas kaum milenial masih kurang. Generasi milenial selama ini kerap melanggar dan menjadi korban kecelakaan. Maka dari itu, sosialisasi ini sangat penting dengan harapan dapat menekan angka pelanggaran dimaksud.

Para milenial, lanjutnya perlu diimbau agar tertib berkendara karena saat ini banyak pengemudi kendaraan yang masih berusia muda. Masalahnya, meski sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), banyak di antara mereka yang kerap tidak tertib berkendara sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Dengan sosialisasi ini, dia berharap angka kecelakaan di Abdya tahun 2019 dapat menurun, baik yang mengakibatkan korban luka maupun korban jiwa. Mereka juga diharapkan akan mampu menjadi pelopor keselamatan.

“Sekarang banyak anak yang bawa motor atau mobil sendiri untuk pergi, sekolah, kuliah dan bekerja. Meski mereka sudah punya SIM kami tetap ingatkan kalau tertib lalulintas itu jangan hanya pas ada polisi saja, tapi harus setiap saat,” pungkasnya.

Pihaknya menginginkan generasi milenial ini menjadi agen-agen di masyarakat untuk memberikan pemahaman-pemahaman tertib berlalulintas. Komunitas motor yang di Abdya juga harus mampu menjadi badan atau wadah yang didalamnya di isi dengan berbagai hal positif. Artinya harus mampu melengkapi surat-surat kendaraannya dalam berlalulintas. Sebab antara komunitas motor dengan geng motor merupakan dua hal yang sangat berbeda.

Dia juga berpesan kepada masyarakat Abdya, agar senantiasa melengkapi surat-surat kendaraan, mengunakan atribut keselamatan selama berkendaara dan sekaligus menjadi bagian pelopor untuk keselamatan berlalulintas. Amatan wartawan,  kegiatan sosialisasi itu, turut dihadiri sejumlah pejabat Polres Abdya dan  puluhan anggota komunitas motor di Abdya.(ag)