Kapolres Abdya Resmikan Desa Guhang Jadi Kampung Tertib Lalulintas


analisisnews.com/agus DIRESMIKAN: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori, SIK didampingi Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Kajari Abdya, Abdur Kadir SH MH, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP saat meresmikan Desa Guhang Kecamatan Blangpidie sebagai kampung tertib lalulintas, Kamis (31/1/2019).

BLANGPIDIE-Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Moh Basori SIK, Kamis (31/1/2019) meresmikan Desa Guhang Kecamatan Blangpidie sebagai kampung tertib lalulintas. Peresmian kampung tertib lalulintas tersebut juga dalam rangka menyemarakan sosialisasi Millenial Road Safety Festival.

Kapolres AKBP Moh Basori dalam kesempatan itu mengatakan, kampung tertib lalulintas merupakan pilot project pemolisian masyarakat berbasis Polantas untuk turut serta membantu keamanan dan keselamatan berlalulintas. Dengan tujuan, Desa Guhang yang telah resmi sebagai kampung tertib lalulintas dapat menjadi ikon percontohan bagi masyarakat di desa lain dalam Kabupaten Abdya.

“Ke depan masyarakat Desa Guhang ini bisa menginspirasi kampung-kampung yang lain sehingga menjadi contoh dan taat dalam berlalulintas,” paparnya usai prosesi peresmian yang turut dihadiri Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Kajari Abdya, Abdur Kadir SH MH, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dijelaskan, kampung ini merupakan kawasan tertib, sehingga jika ada orang lain yang masuk harus sadar dan mengetahui kalau kampung tersebut tertib dalam berlalulintas dan harus mematuhi segala aturannya. Kalau mereka melanggar warganya akan mengingatkan secara edukasi. Persiapan kampung tertib berlalulintas ini juga dilengkapi dengan edukasi berbagai petunjuk dan larangan rambu-rambu lalulintas. Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Abdya untuk menjadi generasi millenial yang cinta lalulintas serta mendukung sepenuhnya aturan tertib berlalulintas.

Besar harapan, dengan adanya program ini bisa menekan angka pelanggaran lalulintas di Abdya yang mengakibatkan kecelakaan lalulintas. Maka dari itu, pihaknya terus berinovasi guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di jalan raya.

Dalam program kampung tertib lalulintas ini, ada tujuan lain yang juga bernilai penting yakni untuk merangkul seluruh masyarakat dan mendukung serta taat terhadap aturan tertib berlalulintas. Selain itu, melalui program tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan masyarakat dalam tertib lalullintas di jalan raya.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat Abdya untuk bersama-sama mentaati aturan lalulintas. Dengan berlaku tertib, tentu akan mampu memperkecil angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya,” harapnya. (ag)