BBPOM Aceh Beri Edukasi Tentang Bahan Berbahaya

analisisnews.com/agus: EDUKASI: Ratusan masyarakat Abdya, Kamis (7/2/2019) mengikuti edukasi tentang bahan berbahaya dan kemasan pangan yang diselenggarakan BBPOM Aceh di Blangpidie.

BLANGPIDIE-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh, Kamis (7 /2/2019) memberikan edukasi tentang bahan berbahaya dan kemasan pangan kepada ratusan masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diselenggarakan di Blangpidie.

Kepala BBPOM Aceh, Drs Zulkifli mengatakan, edukasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam mengawasi obat-obatan dan makanan. Selain itu, dalam edukasi tersebut juga dipaparkan tentang cara yang benar dalam mengkonsumsi berbagai panganan dan obat obatan. 

“Masyarakat harus mengetahui dampak buruk dari bahan berbahaya yang kerap terkandung dalam makanan yang tidak sehat, sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati,” ujarnya dalam kegiatan yang dihadiri anggota komisi IX DPR RI, Tgk H Khaidir Abdurahman SIP sebagai narasumber.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setdakab Abdya, Salman Alfasiri,ST dalam kesempatan itu menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan edukasi yang digelar BBPOM Aceh kepada lapisan masyarakat kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut sangat penting karena dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat Abdya untuk menjadi konsumen cerdas dalam memilih dan menggunakan produk obat dan makanan secara benar serta terhindar dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

Peredaran obat dan makanan ilegal saat ini samakin marak seiring dengan perkembangan perdagangan dunia yang didukung dengan kemudahan akses informasi dan pemasaran. Kondisi ini menuntut semua masyarakat untuk selalu waspada terhadap adanya perederan barang ilegal itu, karena sangat membahayakan kesehatan.

Karenanya sangat penting bagi masyarakat Abdya untuk memahami persoalan pangan dan obat-obatan. Sebab, saat ini sangat banyak beredar makanan cepat saji dengan mudah dikonsumsi oleh masyarakat tanpa memperhatikan kemasan yang baik, label yang tertera, izin edar dan tanggal kedaluarsa.

Maraknya peredaran produk ilegal itu, telah banyak masyarakat yang menjadi korban. Akan hal itu, pihaknya mengajak segenap masyarakat Abdya untuk bersama-sama peduli dan waspada terhadap penggunaan bahan berbahaya.

Selain dihadiri Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setdakab Abdya, Salman Alfasiri,ST, anggota komisi IX DPR RI, Tgk H Khaidir Abdurahman SIP, Kepala BBPOM Aceh, Drs Zulkifli, kegiatan dimaksud juga diikuti Kadinkes Abdya, Safliati Mkes, Kadisdik Abdya Jauhari, tokoh masyarakat hingga ratusan peserta dari sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat. (ag)