Pemilihan OSIS, Pendidikan Dini Dalam Sistem Pemilu

  • Whatsapp
(analisisnews.com/dedi saputra): Foto bersama usai pemilihan ketua Osis

IDI RAYEUK – Ratusan pelajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur Rabu, (13/2/2019) berkumpul dihalaman sekolah untuk melaksanakan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2018 – 2019. Pemilihan pengurus OSIS merupakan pendidikan awal dalam sistem pemilihan umum (Pemilu).

“Ini sekaligus pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum, yang biasa di selenggarakan di suatu daerah dalam memilih pemimpin. Kami dari pihak sekolah berharap, agar pelajar nanti siap ketika terjun ke masyarakat,” kata Kepala SMA Negeri 1 Darul Aman, Syariful Azhar, S.Pd.

Dikatakannya, pendidikan politik diberikan kepada pelajar tersebut karena sangat penting sebagai bekal mereka kedepan. Sehingga mereka bisa berpartisipasi aktif dan tidak golput ketika mengikuti pemilu di lingkungan masyarakat.

Pelaksanaan pemilihan tersebut, menyusul pengurus OSIS periode 2017 – 2018 telah habis. Selain ratusan pelajar, yang ikut memeriahkan pesta demokrasi tersebut, guru dan staf SMA Negeri 1 Kecamatan Darul Aman juga berpartisipasi dengan memotivasi siswa untuk memeriahkan pemilihan.

Kegiatan ini, kata Syariful, sebagai bentuk pemberian pendidikan politik kepada pelajar. “Karena partisipasi mereka nanti, akan sangat penting sekali. Terutama untuk menentukan hak suara mereka, sebagai bentuk membantu pengembangan daerah,” ucapnya.

Dalam pemilihan itu, Zulkifli terpilih sebagai ketua OSIS SMA Negeri 1 DARUL AMAN untuk periode 2018 – 2019 dan wakilnya Husniati . Dia mendapatkan perolehan suara sebanyak 122 suara dan berhasil unggul dari empat pasangan calon Ketua dan wakil ketua OSIS lainnya, yaitu Muhammad Syawal/Raihul Miski dengan perolehan 47 suara. Selanjutnya, Nur Azizah dan Nadia memperoleh suara sebanyak 27. Teuku Fauzari dan M.Zakir meraih 121 suara.

“Saya mengucapkan terima kasih atas amanat yang sudah dipercayakan kepada saya. Mohon doa nya, selama periode saya nanti bisa berjalan dengan lancar dan program-program kerja bisa terlaksana dengan baik,” ujar ketua OSIS baru, Zulkifli.

Lebih lanjut, diaengatakan, kepengurusan OSIS bakal dimanfaatkan buat mengukir berbagai prestasi dan berjanji akan berperan lebih aktif dikalangan masyarakat. Sehingga membuat bangga nama SMA Negeri 1 Darul Aman.

“Saya berharap rekan-rekan bisa bekerja sama dalam kepengurusan ini, dan bisa membawa peran lebih baik di tengah masyarakat,” harapnya. (ds)

Pos terkait