UNBK di Abdya Berjalan Lancar

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus : UNBK: Siswa SMKN 4 Abdya terlihat antusias mengikuti UNBK di hari terakhir. Sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaannya, Kamis (28/3/2019).

BLANGPIDIE-Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK, SMA dan MA dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipastikan berjalan lancar. Hingga hari terakhir Kamis (28/3/2019) pelaksanaan UNBK khusus SMK berjalan tanpa rintangan.

Pelaksana pada cabang Dinas Pendidikan wilayah Abdya Dinas Pendidikan Aceh, Edi Safawi, S.Hum Kamis (28/3/2019) mengatakan, peserta UNBK SMK di Abdya tahun ini mencapai 334 peserta terdiri dari 215 peserta laki-laki dan 119 peserta perempuan. Sedangkan peserta UNBK SMA dan MA berjumlah 1.815 yang terdiri dari 786 peserta laki-laki dan 1.029 peserta perempuan.

Pelaksanaan UNBK itu sendiri dilaksanakan secara terpisah dengan waktu yang tidak bersamaan. UNBK SMK dilaksanakan sejak 25-28 Maret 2019, sedangkan untuk UNBK SMA dan MA dilaksanakan pada 1-5 April mendatang. Hasil pantauan pihaknya, pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMK tetap berjalan sebagaimana mestinya, bahkan hingga hari terakhir tidak ditemukan kendala teknis yang dapat menghambat jalannya pelaksanaan ujian dimaksud.

“Paling cuma gangguan mati listrik dan hal itu bisa diatasi dengan menyediakan mesin genset,” ujarnya.

Kelancaran UNBK di masing-masing sekolah memang sejak awal telah dipersiapkan, mulai dari kesiapan peserta didik hingga kelengkapan alat pendukung pelaksanaan ujian. Untuk SMK, ujiannya bisa langsung dilaksanakan di sekolah masing-masing secara mandiri yakni sebanyak 5 titik lokasi.

Sedangkan untuk SMA dan MA yang berjumlah 19 sekolah tidak sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, sebab masih ada beberapa sekolah yang belum memiliki kelengkapan alat penunjang pelaksanaan UNBK. Sebanyak 15 sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri, sedangkan 4 sekolah lainnya seperti MAS Manggeng, MAS Kuala Batee, MAS Tangan-Tangan dan SMA Babul Istiqamah harus mengikuti ujian di sekolah yang memiliki kelengkapan alat penunjang.

“Kami telah menentukan lokasi sekolah yang mudah dijangkau oleh peserta didik,” sebutnya.

Terkait dengan siswa yang tidak mengikuti UNBK, pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah angka pastinya, sebab semua laporan dari masing-masing sekolah belum direkapitulasi. Mengenai kelancaran UNBK hingga selesai pelaksanaan, pihaknya menjamin terhadap semua hal yang berkaitan dengan suksesnya UN dimaksud. Hal itu dibuktikan dengan kesiapan panitia ujian ditambah pengawasan dari para guru.

Kepada seluruh peserta didik yang mengikuti ujian diharapkan untuk tetap optimis dengan hasil akhis yang diperolehnya selama ujian berlangsung. Sebab, proses pembelajaran yang  selama ini mereka ikuti dengan baik sangat menjadi penentu untuk mereka berhasil serta mendapatkan nilai terbaik.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Abdya, Said Idris Adami, ST mengatakan, pelaksanaan UNBK di sekolah yang dipimpinnya berjalan dengan baik dan lancar. Siswa dapat mengikuti ujian dengan nyaman dan aman. Bahkan alat penunjang pelaksanaan ujian juga sangat mendukung, sehingga ujian bisa berakhir dengan tuntas.

“Sejak hari pertama hingga akhir, UNBK di SMKN 4 Abdya berjalan sesuai dengan harapan. Tidak ada kendala teknis yang menghambat jalannya ujian, bahkan para siswa juga terlihat bersemangat mengikuti ujian hingga usai, begitu juga dengan guru pengawas,” pungkasnya. (ag)

Pos terkait