UNBK SMA/MA di Banda Aceh dan Aceh Besar Berjalan lancar

  • Whatsapp
analisisnews.com/ist: Siswa SMA sedang mengerjakan soal UNBK, Senin (1/4/2019).

BANDA ACEH – Pelaksanaan Ujian Nasional di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar berlangsung tertib dan lancar. Seluruh peserta UN dipastikan berhadir di tempat ujian dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Ujian Nasional provinsi Aceh, Zulkifli, S.Pd, M.Pd didampingi asisten I Setda Aceh, Dr M Djafar SH M.Hum dan Kepala Biro Isra, Zahrul Fajri SAg MA usai meninjau pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 1 dan SMA 4 Banda Aceh, dan SMAN 1 Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Senin (1/4/2019).

Dalam peninjauan di MAN model, SMAN 4 Banda Aceh dan SMAN 1 Darul Imarah, Zulkifli menyebutkan pelaksanaan UNBK dihari pertama secara serentak berjalan lancar semua siswa mengikutinya dan juga tidak ada permasalahan pada jaringan internet serta tidak ada pemadaman listrik.

“Dari pantauan kami pelaksanaan UNBK khususnya di Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar berjalan lancar tanpa ada kendala dan tidak ada terjadi pemadaman listrik begitu juga dengan jaringan internet,” katanya.

Dia menyebutkan, dikarenakan keterbatasan perangkat komputer. Pelaksanaan ujian masing-masing terbagi atas tiga sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.30-09.30 Wib, sesi kedua pukul 10.30-12.30 Wib dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 Wib.

“Perangkat komputer kita masih kurang, makanya ujian kita laksanakan tiga sesi,” sebut Zulkifli, S.Pd, M.Pd.

Dia mengajak siswa-siswi peserta UNBK agar dapat memanfaatkan waktu dengan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan baik.
“Anak-anak kami sekalian, hari ini adalah hari pertama UNBK, untuk itu manfaatkanlah waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, dan teliti membaca serta menjawab soal,” ucap Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK Disdik Aceh itu.

Sementara itu jumlah peserta UNBK tingkat SMA/MA di Provinsi Aceh yang dilaksanakan dari 1 sampai 8 April 2019 sebanyak 57.947 siswa yang tersebar di 758 satuan pendidikan di seluruh Aceh.

“Sebagian sekolah yang tidak ada kelengkapan alat pendukung UNBK terpaksa siswanya bergabung ke sekolah lainnya untuk mengikuti UNBK,” sebut Zulkifli.

Pihaknya juga berharap kepada siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dan jangan terburu-buru dan periksa kembali nama dan nomor ujian termasuk jawaban yang dijawab.

“Sebelum keluar, periksa kembali jawaban apakah sudah tepat. Pelaksanaan UNBK SMA/MA hari pertama sudah siap digelar 100 persen. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di Aceh, termasuk instansi terkait,” ujarnya.

Disebutkan, mata pelajaran yang di UNBK-kan meliputi Bahasa Indonesia pada hari pertama, Senin (1/4), hari kedua Selasa (2/4) Matematika, hari ketiga Kamis (4/4) Bahasa Inggris dan hari terakhir Senin (8/4), mata pelajaran jurusan (IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan). (red/barlian)

Pos terkait