Polres Abdya Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Rencong

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: TANDA PITA: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK menyematkan tanda pita kepada personel dalam apel gelar pasukan keselamatan Rencong 2019 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat, Senin (29/4/2019).

BLANGPIDIE-Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (29/4/2019) menggelar apel gelar pasukan operasi keselamatan Rencong 2019.  Apel yang berlangsung di halaman Mapolres setempat dipimpin langsung Kapolres AKBP Moh Basori, SIK dan turut dihadiri Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya, Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, pejabat jajaran Polres serta sejumlah pejabat daerah.

Dalam apel yang mengusung tema Cipta Kondisi Pasca Pileg, Pilpres dan Menjelang Idul Fitri tahun 2019 serta Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Mewujudkan Kemseltibcarlantas di Wilayah Kabupaten Abdya, Kapolres Abdya membacakan amanat Kapolri yang menekankan kepada seluruh masyarakat termasuk pengendara agar tetap tertib dalam berlalulintas dan menjaga keamanan lingkungan.

Dikatakan, operasi ini akan dilaksankan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 29 April-12 Mei 2019, dengan target sasaran antara lain orang, barang, lokasi dan kegiatan yang difokuskan pada pengamanan perayaan hari Raya Idul Fitri mendatang. Dalam pelaksanaan tugas nantinya agar, setiap personel harus tetap menjaga keselamatan, bertindak secara tegas namun humanis, siapkan perlengkapan perorangan, lakukan komunikasi dan koordinasi serta kedepankan kerjasama yang sinergis dengan seluruh instansi terkait.

Ditambahkan, sasaran lainnya dalam operasi ini antara lain menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt. Selain itu, menaikkan dan menurunkan penumpang di tempat yang dilarang, melawan arus lalulintas, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol, mengemudi dibawa umur, melebihi batas kecepatan maksimal dan menggunakan bahu jalan yang bukan peruntukkannya.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya operasi ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas,” imbuhnya.

Kasat Lantas Iptu Adek Taufik SIK usai apel gelar pasukan mengajak seluruh pengendara untuk mengutamakan keselamatan saat berkendara termasuk melengkapi seluruh dokumen kendaraan.

Perlu upaya optimal dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat pengguna jalan, agar tingkat pelanggaran semakin berkurang. Ada beberapa pelanggaran yang cenderung dilakukan oleh pengendara baik yang menggunakan sepeda motor (sepmor) maupun mobil. Diantaranya, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bahkan tidak menggunakan pengaman kepala seperti helm berstandar nasional.

“Keselamatan saat berkendara sangat penting. Hal itu akan terwujud jika pengendara taat akan peraturan dalam berlalulintas. Kepada masyarakat Abdya, kami berpesan agar senantiasa melengkapi surat-surat kendaraan, mengunakan atribut keselamatan selama berkendara dan sekaligus menjadi bagian pelopor untuk keselamatan berlalulintas,” imbuhnya. (ag)

Pos terkait