Polres Abdya Gelar Apel Konsolidasi Ketupat Rencong

analisisnews.com/agus: DIABADIKAN: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori, SIK bersama dengan unsur terkait lainnya diabadikan usai apel konsolidasi bertempat di halaman Mapolres setempat, Kamis (13/6/2019)

BLANGPIDIE-Polres Aceh Barat Daya (Abdya) mengakhiri kegiatan Operasi Ketupat Rencong dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah dilanjutkan persiapan pengamanan sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan umum (PHPU) dengan menggelar apel konsolidasi bertempat di halaman Mapolres setempat, Kamis (13/6/2019).

Kapolres Abdya Moh Basori SIK melalui amanat Kapolda Aceh menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap personel di seluruh jajaran Polres Abdya beserta instansi terkait guna menjamin terlaksananya Operasi Ketupat Rencong 2019, mudik lebaran dan perayaan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah berjalan dengan aman lancar kondusif.

Ditegaskan, menjelang dilaksanakannya sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan dilaksanakan perdana pada 14 Juni 2019, pihaknya bersama TNI dan instansi terkait siap mengamankan rangkaian proses sidang PHPU. Akan hal itu, persiapkan diri, jaga kesehatan, antisipasi ancaman teror dan potensi konflik sosial, persiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan dengan baik. Dengan apel konsolidasi ini, kita dapat melihat kembali sejauh mana proses pengamanan yang telah dan akan dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Polri, pemerintah daerah, penyelenggara Pemilu dan seluruh masyarakat Abdya pada khususnya.

Disebutkan, ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel Konsolidasi ini antara lain, apel ini diselenggarakan untuk mengecek kembali personil, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Kemudian menunjukkan kesiapan unsur pengamanan dalam menghadapi tugas kedepan dalam rangka kesiapan pengamanan sidang PHPU.

“Kunci keberhasilan keamanan adalah soliditas dan sinergitas TNI-Polri, dukungan instansi terkait dan seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Pola pengamanan yang sudah dilaksanakan tersebut tentu tidaklah seluruhnya sempurna. Ketidaksempurnaan tersebut akan menjadi bagian dari evaluasi dan perbaikan yang dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan pengamanan berikutnya. Secara umum situasi kamtibmas wilayah Abdya sampai saat ini berjalan lancar dan aman serta situasi tetap kondusif. Meski demikian, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan terutama terkait dengan penyebaran berita tidak benar di kalangan masyarakat, sehingga dapat menimbulkan keresahan.

Maka dari itu, Kapolres menghimbau seluruh lapisan masyarakat Abdya untuk bersama-sama menjaga stabilitas dan menginformasikan kepada pihaknya manakala ada hal hal yang dapat menganggu stabilitas itu, baik stabilitas keamanan, dan ketertiban.

“Pelihara soliditas, sinergitas seluruh komponen penyelenggara, masyarakat. Begitu juga dengan personel, hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai pelaksanaan tugas serta laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan, tanggung jawab demi keberhasilan pelaksanaan tugas menghadapi sidang PHPU,” tutupnya.(ag)