Berdayakan Budaya Gemar Membaca

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Nurhadisah memperlihatkan sepeda untuk hadiah bagi pemenang lomba bercerita tingkat sekolah dasar, Selasa (18/6/2019).

BLANGPIDIE-Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT Selasa (18/6/2019) mengajak seluruh masyarakat kabupaten setempat khususnya kalangan pelajar hingga mahasiswa untuk meningkatkan minat baca dan mengoptimalkan pemberdayaan perpustakaan. Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan lomba bercerita tingkat sekolah dasar yang berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Wakil Bupati Muslizar memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan dimaksud. Menurutnya, kegiatan tersebut bukan hanya meningkatkan minat baca saja, namun juga akan memberikan semangat bagi seorang peserta serta dapat menambah wawasan mereka. Selain merupakan agenda rutin dan berjenjang hingga tingkat Nasional, lomba ini, penting dilaksanakan untuk mengabadikan cerita rakyat yang berkembang di masing-masing daerah sebagai tema lomba.

Minat baca di kalangan pelajar saat ini masih tergolong rendah. Penyebabnya adalah perkembangan teknologi yang begitu pesat yang kemudian salah dalam pemanfaatannya. Selain itu, dorongan orang tua juga masih kurang, sehingga anak-anak kerap mengabaikan pentingnya membaca sebuah buku. Sejauh ini Pemkab Abdya terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan minat baca pelajar, tentu dengan berbagai program serta kegiatan yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

“Harapan kami peserta lomba baca mampu menjadikan bacaannya sebagai kebutuhan dan menjadikan buku sebagai teman. Sebab buku adalah jendela dunia dan gudangnya ilmu pengetahuan, membaca adalah kuncinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Abdya, Nurhadisah mengatakan, kegiatan lomba bercerita ditingkat sekolah dasar sederajat tersebut merupakan program nasional yang dilaksanakan disetiap tahunnya. Program ini dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca ditingkat sekolah dasar serta melestarikan aneka budaya daerah dan membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa.

Lomba tersebut, diikuti puluhan siswa dan siswi sekolah dasar dalam Kabupaten Abdya yang telah memiliki perpustakaan dan dikelola dengan baik oleh pustakawan yang berkompoten. Dalam perlombaan itu, dinas terkait menetapkan tema cerita yakni yang mengisahkan tentang Malelang Madiun yang diangkat dari cerita rakyat Kecamatan Kuala Batee.

“Lomba ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat baca dan budaya gemar membaca pada anak-anak. Dengan harapan, generasi penerus mendatang menjadi generasi yang handal serta berdaya saing,” tutupnya.(ag)

Pos terkait