55 JCH Aceh Jaya Ikut Manasik Haji

Analisisnewa.com/putra: JCH Aceh Jaya mengabadikan foto saat mengikuti manasik haji di Mesjid Agung Jabal rahmah Calang, Rabu, (3/7/2019).

CALANG – Sebanyak 55 Jamaah Calon Haji (JCH) kabupaten Aceh Jaya tahun 2019 mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Jaya di Mesjid Agung Jabal rahmah Calang, Rabu, (3/7/2019).

Kepala Kantor Kemenag Aceh Jaya, Samsul Bahri, dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan acara manasik haji ini merupakan UU No. 13 / 2008 tentang penyelenggaraan manasik haji.

Dia mengatakan, salah satu tujuan dari pelaksanaan manasik haji adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang regulasi yang menyangkut penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. “Selain itu juga mengembleng kesiapan fisik serta kesehatan jasmani calon jamaah haji,” ujarnya.

Samsul juga mengungkapkan, pada tahun ini kabupaten Aceh Jaya akan memberangkatkan sebanyak 55 jamaah, dengan rincian 18 jamaah dari kecamatan teunom, 3 jamaah dari Panga, 14 dari Krueng Sabee, 6 Jamaah dari Sampoiniet, 3 jamaah dari Darul Hikmah, 3 Jamaah dari Jaya dan 8 dari Kecamatan Indra Jaya.

Sementara, Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S yang membuka secara langsung acara tersebut menyampaikan bahwa menyambut baik atas terlaksananya acara manasik haji. “Semoga dengan ada acara tersebut mampu memberikan pemahaman kepada calon jamaah terhadap tata cara melaksanakan ibadah haji,” harapnya.

Yusri mengajak seluruh JCH untuk dapat bersyukur karena telah diberi kesempatan menunaikan ibadah haji pada tahun ini, karena masih banyak di antara saudara-saudara lainnya yang belum mempunyai kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

“Mari mengikuti manasik ini sampai selesai nantinya, apalagi manasik ini sangat penting pada saat tiba di tanah suci nantinya,” ajaknya

Yusri juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberi perhatian khusus kepada para jamaah haji mulai dari keberangkatan sampai pada saat pulang nantinya.

Hadir pada acara tersebut, Asisten I setdakab Aceh Jaya, kepala Bank Aceh, perwakilan Kejaksaan, para jamaah calon haji serta para undangan lainnya. (DP)