Bupati Aceh Jaya Tinjau Proses Produksi Sirkel

Sirup Kelapa produksi Kelompok Usaha Baru, Gampong Rambong Kecamatan Teunom, Aceh Jaya. (Analisisnews.com/putra)

CALANG – Bupati Aceh Jaya, Drs. H. T. Irfan TB, meninjau proses produksi Sirup Kelapa (Sirkel) di Gampong Rambong, Kecamatan Teunom, Selasa, (9/7/2019).

Irfan TB bersama SKPK terkait, melihat langsung cara memproduksi Sirkel yang dilakukan oleh ibu-ibu Kelompok Usaha Baru, Gampong Rambong Kecamatan Teunom. Kelompok tersebut dibina langsung oleh Dinas Pangan Aceh Jaya.

Sirkel merupakan hasil dari produksi Air Kelapa menjadi sirup dengan menggunakan bahan baku berupa gula dan air kelapa. Untuk menunjang kemudahan pembuatan Sirkel tersebut Kelompok Usaha Baru tersebut, masih membutuhkan beberapa alat pendukung agar proses produksi Sirkel ini bisa dilakukan secara maksimal.

Kendala yang dihadapi kelompok usaha ini adalah proses perizinan seperti izin BPOM maupun Izin Halal dari MUI. Hal itu dikeluhkan para ibu-ibu k Kompol Usaha Baru.

Menanggapi keluhan ibu-ibu Kelompok Usaha Baru tersebut, Bupati Aceh Jaya, Irfan TB, langsung memerintahkan agar kepada Kepala SKPK terkait untuk mefasilitasi kendala yang dihadapi oleh kelompok industri Sirkel tersebut.

“Agar prudksi sirup kelapa yang dihasilkan oleh kelompok usaha baru dapat menjadi layak pasar dan menjadi produkisi sirup Sirkel Kabupatejn Aceh Jaya,” harap Irfan TB. (DP)