Senam Lansia Meriahkan Peringatan Harganas Ke-26 di Bener Meriah

Senam Lansia

REDELONG – Masyarakat dan elemen pemerintah, Jumat (12/7/2019) pagi, antusias mengikuti jalan santai dan senam lansia (lanjut usia) memeriahkan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat provinsi Aceh tahun 2019 di lapangan Umah Pitu Ruang, Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Sejak pukul 7.00 WIB, warga dan peserta dari unsur pemerintah sudah mulai berdatangan ke lapangan Umah Pitu Ruang, Tepat pukull 8.00 WIB, ribuan peserta sudah memenuhi lapangan dan langsung melaksanakan jalan santai bersama mengitari ruas jalan Bale Atu.

Sejumlah pejabat terlihat, turut mengikuti jalan santai diantaranya Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, Drs. Sahidal  Kastri, M.Pd, Bupati Bener Meriah, Sarkawi dan pejabat tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Aceh yang hadir.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri (tiga dari kiri/barisan kedua) mengikuti jalan santai di Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Jumat (12/7/2019)

Sesampai kembali di lapangan, para peserta langsung melanjutkan senam lansia dan tausiah. Udara sejuk di daratan tinggi gayo itu, terlihat menambah semangat para ibu-ibu lansia untuk mengikuti senam kebugaran. Wakil ketua tim penggerak PKK provinsi Aceh, Dr. Dyah Erti Idawati, juga ikut mengikuti senam lansia tersebut.

Sementara, tausiah diisi oleh Ustad Husni. Dalam tausiahnya, mengupas tentang cara membina keluarga yang berkualitas. Dia mengatakan, anak yang berkualitas dipengaruhi oleh bagaimana sebuah keluarga membina rumah tangganya.

 “Orang tua memiliki peran penting bagi kualitas anak, mulai dari anak masih dalam kandungan. Kemudian Ibu memberikan ASI eksklusif kepada anak,” ujarnya, seraya mengajak para kaum bapak-bapak untuk menghargai dan terus menyayangi istri.

peserta jalan santai

Jalan santai dan senam lansia pagi itu, ditutup pengundian kupon untuk mendapatkan hadiah yang langsung diserahkan Dyah Erti Idawati. Sejumlah hadiah seperti Sepeda, TV, Dispenser, dan lainnya disediakan untuk menyemarakkan jalan santai dan senam ini.

Bupati Bener Meriah, Sarkawi (lima dari kiri) mengikuti jalan santai yang digelar BKKBN Aceh dalam rangkaian Harganas ke-26, PIPMG dan HKG PKK ke-47 di Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, Jumat (12/7/2019)

Kegiatan ini, juga merupakan acara puncak Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG), Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 dan Harganas ke-26 tahun 2019 tingkat provinsi Aceh. Kegiatan puncak digelar hari ini, Sabtu (13/7) di lapangan Umah Pitu Ruang,  Bener Meriah.

Kabid Adpin BKKBN Aceh, Faridah menyerahkan bingkisan hadian kepada peserta jalan santai di lapangan Umah Pitu Ruang, Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Kabid Advokasi, Penggerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN Aceh, Faridah, SE, MM mengatakan, jalan santai dan senam lansia merupakan kegiatan bersama BKKBN, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong/Desa (DPMG) Aceh dan PKK.

“Jadi, ini dalam rangkaian acara keluarga, pekan inovasi dan gerak PKK. Pesertanya dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, baik dari DPMG, PKK maupn BKKBN. Jalan santai tadi, termasuk masyarakat sebanyak 2000 peserta,” ujar Faridah didampingi Kasubbid Advokasi dan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) BKKBN Aceh, Efiyanti, SH. (red)