Sekda Taqwallah Diminta Selesaikan Persoalan Bansos

Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melantik Taqwallah, sebagai Sekretaris Daerah Aceh, di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis (1/8/2019).

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh yang baru, dr Taqwallah MKes, diminta agar menyelesaikan persoalan yang ada dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) Perubahan 2019, terutama terkait usulan kegiatan dana hibah dan bantuan sosial (bansos) yang dikhawartirkan sejumlah anggota DPRA tidak akan terealisir pada akhir tahun nanti.

Demikian disampaikan Plt. gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam sambutannya saat melantik dr Taqwallah sebagai Sekretaris Daerah Aceh, di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis (1/8/2019). Menurutnya, persoalan tersebut merupakan salah satu tugas berat yang harus segera diselesaikan oleh Taqwallah.

“Salah satu tugas utama Sekda adalah sebagai koordinator pengelolaan keuangan daerah dan koordinator pelaksanaan tugas dinas dan lembaga lainnya, serta tugas pembinaan administrasi dan aparatur,” kata Nova.

Selain itu, Plt. Gubernur meminta, Sekda baru itu untuk bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah. “Kapabilitas saudara sangat dibutuhkan daerah ini, untuk melaksanakan tugas berat membantu gubernur,” katanya.

Taqwallah dilantik sebagai Sekda menggantikan Drs Dermawan MM yang memasuki masa pensiun, 30 Januari 2019 lalu. Pelantikan Taqwallah sebagai Sekda Aceh berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 90/TPA tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Aceh.

Nova Iriansyah mengatakan, dr Taqwallah MKes merupakan salah satu dari tiga calon Sekda Aceh yang lulus fit and proper test yang dilakukan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Jajaran Pemerintah Aceh, tahun lalu.

Selain Taqwallah, yang ketika itu menjabat Asisten II Setda Aceh, dua nama lainnya yakni Dr M Jafar SH M.Hum (Asisten I Setda Aceh), dan Kamaruddin Andalah (Asisten III Setda Aceh). Sejak Dermawan pensiun, Nova Iriansyah menunjuk Helvizar Ibrahim sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda Aceh selama ini.

Nova Iriansyah mengucapkan terima kasih kepada Plt Sekda Ir Helvizar Ibrahim MSi, yang sudah bertugas selama lima bulan mengemban amanah tersebut. “Ucapan terima kasih yang sama juga kami tujukan kepada saudara Dermawan, yang telah lama menjalankan tugasnya dengan sangat baik, selama menjabat Sekda Aceh,” kata Nova. (red)