Bupati Akmal Ingatkan PNS Jangan Main-main Dalam Bekerja

analisisnews.com/agus: PERJANJIAN KERJASAMA: Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama replikasi dan adopsi aplikasi e-kinerja antara Pemkab Abdya dan Pemko Banda Aceh di gedung DPRK setempat, Rabu (7/8/2019).

BLANGPIDIE-Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim mengingatkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan pemerintah kabupaten setempat agar tidak main-main dalam bekerja. Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja yang berlangsung di gedung DPRK setempat, Rabu (7/8/2019).

Dia menginginkan seluruh PNS di kabupaten yang dia pimpin memiliki kinerja serta karir yang bagus. Tentunya hal tersebut tidak bisa dicapai dengan mudah, melainkan melalui sebuah proses serta kesungguhan dalam berusaha. Bekerja itu merupakan sebuah ibadah, bahkan dalam agama Islam juga telah mengatur tentang pentingnya bekerja.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja antara Pemkab Abdya dengan Pemko Banda Aceh, menurutnya merupakan langkah serta upaya yang tepat dalam meningkatkan kinerja PNS di Abdya. Sebab dengan e-kinerja, mampu memfasilitasi PNS untuk dapat bekerja secara optimal sesuai dengan kemampuan mereka serta akan mendapatkan penilaian dari atasan sesuai dengan yang dihasilkan.

“Kerjasama antara Pemkab Abdya dan Pemko Banda Aceh terkait e-kinerja ini sangat baik, karena dapat meningkatkan kinerja PNS agar lebih optimal. Selama ini Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya telah banyak berbuat mengenai kinerja PNS, termasuk dengan meluncurkan aplikasi SiTANGKAS,” terangnya.

Asisten Administrasi Umum Pemko Banda Aceh, Tarmizi Yahya yang juga Ketua Tim e-kinerja mengatakan, Pemko Banda Aceh telah menerapkan aplikasi e-kinerja ini sejak tahun 2012 lalu. Hasilnya sangat memuaskan, karena kinerja PNS terus meningkat yang disesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing serta mendapatkan penilaian sesuai hasil kerja.

Ditambahkan, aplikasi ini dibuat dan dikembangkan secara mandiri oleh Pemko Banda Aceh dan telah mampu mendorong seluruh PNS untuk bekerja optimal yakni bekerja sesuai dengan apa yang ditulis dan menulis apa yang dikerjakan.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Abdya, drh. Cut Hasnah Nur menjelaskan, penerapan e-kinerja di Pemkab Abdya merupakan salah satu upaya dalam menciptakan sistem pemerintahan yang e-goverment yang akuntabel. E-kinerja ini juga merupakan rekomendasi dari KPK dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai gambaran umum e-kinerja merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan, beban kerja unit sebagai dasar perhitungan prestasi kerja serta pemberian insentif kerja yang berpedoman pada analisa jabatan dan analisa beban kerja.

“Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh para asisten, kepala SKPK, jabatan administrator, Kasubbag umum dan Kepegawaian, jabatan pengawas dan lainnya. Mudah-mudahan penerapan aplikasi ini bisa merubah budaya kerja PNS dan PNS tidak lagi menunggu kerjaan,” pungkasnya.

Amatan wartawan, kegiatan pencanangan dan diseminasi penerapan e-kinerja tersebut juga dihadiri Kepala Badan Kepegawaian Aceh, Jalaluddin, SH MM, Sekda Abdya, Drs Thamrin, para asisten, staf ahli, kepala SKPK serta unsur terkait lainnya. (ag)