BPJS Sosialisasi E-Claim Primer di Abdya

analisisnews.com/agus: DIABADIKAN: Peserta kegiatan sosialisasi e-claim primer diabadikan usai mengikuti rangkaian kegiatan di aula Khana Pakat Blangpidie, Abdya, Selasa (27/8/2019).

BLANGPIDIE-Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Meulaboh, Selasa (27/8/2019) menggelar kegiatan sosialisasi implementasi E-Claim Primer guna memudahkan sejumlah Puskesmas dan Klinik Kesehatan di Abdya. Selain itu, program dimaksud juga ditujukan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, Herry Syafrizal dalam kesempatan itu mengatakan, dasar penerapan digitalisasi klaim non kapitasi ini untuk ketertiban FKTP dalam menagih klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap. Kemudian juga mengatasi keluhan berkas pengajuan klaim yang banyak hingga menjadi temuan auditor. Risikonya, akan berdampak kepada BPJS Kesehatan dan FKTP.

Dengan adanya e-claim yang diterima oleh FKTP dapat memudahkan pengajuan klaim, meminamilisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim dan yang paling penting FKTP akan memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital. Bagi BPJS Kesehatan sendiri, e-claim ini sangat membantu dalam proses percepatan verifikasi klaim, memastikan pembayaran pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien serta meningkatkan akuntabilitas.

Ditambahkan e-claim primer ini akan diterapkan mulai 1 September 2019. Karenanya, diharapkan komitmen dari semua FKTP, baik itu Puskesmas maupun klinik saat ini sudah harus menyediakan jaringan komunikasi data sesuai spesifikasi, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada peserta JKN.

E-claim juga dapat menjaga dan meningkatkan ketertiban dalam rangka melakukan entri pelayanan secara realtime serta menjaga validitas dan kualitas entri pelayanan Peserta JKN. Akan hal itu dia berharap, dengan adanya e-claim primer ini selain mempermudah dan membantu FKTP dalam proses percepatan pengajuan klaim, dari sisi pelayanan setiap FKTP dapat meningkatkan pelayanannya kepada peserta JKN.

Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti mengatakan, digitalisasi klaim non kapitasi atau disebut e-claim primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan Peserta secara digital.

Dia berharap aplikasi e-claim ini dapat membangun hubungan profesional bedasarkan trust and faimess terhadap fasilitas kesehatan. Sehingga, BPJS Kesehatan akan memiliki data yang lebih komprehensif bagi peserta JKN termasuk detail data pelayanan non kapitasi.

Kabid Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Abdya, Ika Puspita terkait hal itu mendukung sepenuhnya sosialisasi mengenai penggunaan e-claim. Dengan adanya aplikasi itu, Puskesmas akan mengantri klaim secara real time dan lebih teratur dalam pengajuan ke BPJS. Kondisi ini akan meminimalisir potensi klaim expired sesuai ketentuan kedaluarsa klaim pada Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018.

Amatan wartawan, kegiatan tersebut melibatkan seluruh Kepala Puskesmas dan pimpinan klinik yang ada di Kabupaten Abdya serta unsur terkait lainnya. (ag)