Pemkab Bener Meriah Peringati Hardikda Aceh ke-60

Analisisnews.com/Junaidi.
Bupati Bener Meriah Sarkawi menjadi inspektur upacara peringatan Hardikda Aceh di Setda kabupaten Bener Meriah. Senin (2/9/2019).

REDELONG – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menggelar peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-60 tahun di lapangan Setdakab Bener Meriah, Senin, (2/9/2019).

Sambutan Plt Gubernur Aceh yang disampaikan Bupati Bener Meriah Sarkawi menjelaskan, Hardikda diperingati setiap tahunnya tentu bukan hanya sekedar seremonial yang diwarnai dengan upacara  belaka, melainkan lebih dari itu sebagai hari Pendidikan daerah ini sejauh mana pendidikan yang diraih selama ini. 

“Melalui momentum Hari Pendidikan Daerah Aceh ini pula, kita perkuat tekad untuk melahirkan generasi muda yang cakap, religius, kreatif, inovatif, bekerja keras dan berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter  ke Acehan yang kental,” kata Bupati Sarkawi.

Sarkawi menyebutkan dengan generasi muda yang berkualitas akan mampu membawa perubahan menuju Aceh Hebat di masa mendatang, mengingat pentingnya sektor pendidikan untuk membangun Aceh. Maka Pemerintah Aceh menempatkan Pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan dalam RPJMA 2017 – 2022.

Disisi lain, dengan melalui Program  Aceh Carong, Pemerintah Aceh bertekad untuk mewujudkan generasi Aceh yang mampu bersaing dan mengukir  prestasi di tingkat Nasional dan Regional yang dicapai melalui pendidikan yang berkualitas. 

Program ini bisa terwujud jika seluruh elemen masyarakat mendukungnya terutama para pemangku jabatan yang berwenang untuk dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin, dan saling bersinergi dengan lembaga terkait khususnya dalam membangun pendidikan di Aceh.

“Untuk mendukung program tersebut Pemerintah Aceh tidak hanya mengalokasikan dana pendidikan sekitar 20% dari APBA,  tetapi juga didukung oleh dana otonomi khusus Aceh (DOKA), dan kita juga patut bersyukur bahwa ikhtiar yang telah kita jalankan selama dua tahun ini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan,” sebut Bupati dengan menyebut sejumlah prestasi yang diraih oleh para pelajar Aceh.

Khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, sebagaimana  harapan dari semua kita agar senantiasa pendidikan di Kabupaten Bener Meriah terus dapat kita benahi seperti sejak tahun yang lalu Bener Meriah 100% telah menyelenggarakan UNBK  untuk tingkat SMA, SMP dan sederajat.

Kedepan prestasi ini hasilnya akan terus semakin membaik dan menggembirakan. “Oleh karena itu kami berharap  kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah termasuk Kemenag Bener Meriah agar terus membina pendidikan kita terus menjadi lebih membaik,” harap orang nomor satu di Bener Meriah itu.

Guru lanjutnya, merupakan ujung tombak dari pendidikan, oleh sebab itu agar rotasi ataupun penempatan  guru-guru di daerah-daerah yang mungkin belum terpenuhi, agar ini secepatnya dipenuhi. Kita tidak ingin guru itu menumpuk hanya di bagian perkotaan saja, dibahagian yang cenderung lebih dekat saja, sementara daerah-daerah terpencil, daerah-daerah jauh ini jangan sampai terabaikan, kata Bupati mengingatkan.

Diakhir acara Bupati juga menyerahkan SK sebanyak  30 Sekolah yang dinegerikan Tahun 2019 seperti SMP Janarata dan 29 TK yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Hadir dalam Upacara Hardikda ke-60 Tahun 2019, Plt. Sekda, Dandim 0106/AT-BM, kapolres, Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRK, Para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, para Kepala SKPK, para Kabag, ASN/Non ASN, para Pelajar dari berbagai tingkatan di Kabupaten Bener Meriah dan tamu undangan lainnya. (Jun)