Antisipasi Kejahatan, Polsek Simtim Pemeriksa Dokumen Barang Bawaan Penumpang KMP Labuhan Haji

Petugas dari kepolisian sedang memeriksa barang bawaan penumpang KMP Labuhan Haji, di pelabuhan Kota Batu Sinabang, Jumat (13/9/2019) malam. Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi tindakan kejahatan. (Foto: Humas Polres Simeulue.

SINABANG – Personil Polsek Simeulue Timur (Simtim) melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang Kapal Ferry KMP Labuhan Haji dan kelengkapan Surat muatan, Jumat (13/9/2019). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tindakan kejahatan.

Pemeriksaan dilajukan sekitar pukul 19.00 WIB di Pelabuhan Penyeberangan Kolok Kuta Batu Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue, Aceh. Pemeriksaan dilakukan untuk antisipasi penyelundupan minyak tanah, pencurian hewan ternak atau ilegal yang tidak memiliki surat resmi karantina serta surat ijin desa setempat, pemeriksaan senjata tajam dan lain-lain.

Anggota Pengamamanan Dari Polsek Simeulue Timur, memeriksa seluruh barang bawaan penumpang yang akan menaiki Kapal yang akan berangkat ke Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan.

Pada saat ditanyakan oleh Paur Humas Polres Simeulue, Personil Polsubsektor dari Polsek Simeulue Timur Polres Simeulue, Bripka Reza Khadafi menjelaskan, dalam siaran pers yang diterima media ini, menyebutkan, pemeriksaan barang bawaan penumpang dan surat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polres Simeulue, sehingga dilakukan pengamanan Pelabuhan Penyebrangan Penumpang Kapal Ferry bagi masyarakat yang menggunakan transportasi laut.

“Seluruh penumpang yang Berangkat, diperiksa barang bawaannya dan surat-surat kelengkapan muatan. Hal tersebut guna mengantisipasi barang yang mencurigakan keluar dari pulau Simeulue ke wilayah daratan dan untuk Kenyamanan penumpang,” katanya.

Dikatakannya, pengamanan KMP Ferry Labuhan Haji dari Simeulue yang akan menuju Labuhan Haji Ini, melibatkan 3 Personel Polsubsektor Pelabuhan dari Polsek Simeulue Timur, yakni Bripka Reza Khadafi, Brigadir Asnar Fahmi yang dipimpin oleh Kapulsubsektor Aiptu Ferry Afrizal S. Will.

Disebutkan, penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Kolok Kuta Batu Sinabang menuju Labuhan Haji sebanyak 164 orang, sedangkan kendaraan Roda dua sebanyak 27 Unit, Kendaraan Roda empat 12 Unit, Roda enam 14 Unit, Hewan Ternak Kerbau sebanyak 7 ekor dan Berat Semua Muatan 49 Ton.

“Kami melakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang yang Berangkat, untuk keselamatan dan kenyamanan para Penumpang dan mengantisipasi keluar barang-barang yang mencurigakan untuk diseludupkan ke daratan, seperti Minyak Tanah, Pencurian Ternak, senjata tajam dan lain-lain,” tegas Bripka Reza Khadafi Personil Polsubsektor disela-sela pemeriksaan barang bawaan penumpang. (urs)