Kabut Asap, Dinkes Abdya Bagikan Ribuan Masker

analisisnews.com/agus
MASKER: Kadinkes Abdya, Safliati membagikan masker kepada pengendara yang sedang melintas di Jalan Nasional, depan Puskesmas Blangpidie, Senin (23/9/2019).

BLANGPIDIE-Kabut asap mulai melanda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitar. Guna mencegah terdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes)Abdya, Senin (23/9/2019) mrmbagikan 4000 lembar lebih masker kepada masyarakat.

“Pembagian ribuan lembar masker itu untuk mengantisipasi penyakit ISPA akibat kabut asap yang diketahui berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Riau, ” ujar Kadinkes Abdya, Safliati SST MKes.

Dikatakan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan itu mulai terlihat menyelimuti Kabupaten Abdya, sehingga pihaknya langsung bergerak melakukan pencegahan penyakit ISPA yang sewaktu-waktu bisa menyerang masyarakat setempat. Tidak hanya itu, pembagian masker juga melibatkan 13 Puskesmas di kabupaten setempat. Masing-masing Puskesmas mempunyai teknis tersendiri untuk membagikan masker itu.

Pihak Dinkes langsung turun ke jalan raya untuk membagikan masker kepada setiap pengendara yang melintas di Jalan Nasional dalam kabupaten setempat. Selain itu mbagian masker tersebut untuk mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terpapar secara langsung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang saat ini sedang berlangsung. Sebab, polusi udara yang tak sehat dapat menimbulkan gejala penyakit ISPA. Terlebih lagi saat beraktivitas di luar rumah.

Lebih lanjut dikatakan, meski belum ada masyarakat yang terserang ISPA akibat kabut asap ini, namun pihaknya tetap melakukan pencegahan dini dengan membagikan masker tersebut.

Secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bancana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin membenarkan bahwa Abdya saat ini sudah diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau. Meski jarak pandang masih normal, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan harus berhati-hati.

BPBK Abdya juga akan membagikan ribuan lembar masker juga kepada masyarakat yang melintasi kawasan pusat kota Blangpidie pada Selasa (24/9/2019). Pembagian masker itu akan terpusat di Jalan Letkol BB Djalal, depan Lapangan Persada, Desa Keude Siblah, Blangpidie.

“Cuaca sebenarnya cerah, tetapi diselimuti kabut asap. Masyarakat harus waspada dengan kondisi saat ini, dan jauhkan tindakan pembakaran apalagi membakar lahan, ” imbuhnya. (ag)