KPU Menjadi Lebih Kokoh Ke Depan

Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani ,Sag, M.Kom.I di sela sela rapat konsultasi sekretaris KPU  seluruh Indonesia di Jakarta, Senin (23/9/2019).

LHOKSEUMAWE – Keberadaan KPU kedepan semakin lebih baik dan kokoh sebagai penyelenggara kegiatan pemilihan umum (pemilu). Organisasi KPU menjadi lebih siap dan kokoh kedepan apalagi  2020 akan dilaksanakan Pilkada di 270 daerah.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani Sag, M.Kom.I, yang mengutip sambutan Sekretaris KPU, Arfi Rahman Hakim pada acara pembukaan konsolidasi nasional di Jakarta Senin (23/9/2019) yang diikuti seluruh sekretaris KPU dan KIP.

Sehubungan kegiatan Pilkada di 270 daerah di tahun 2020, sekretaris KPU propinsi dan kabupaten/kota  kita harus mampu  melakukan  konsolidasi internal daerah untuk dapat  lebih prima dalam memberikan pelayanan, tularkan energy positif daam silatrrahmi ini, ujar Sekretaris KPU pusat sebagaimana dikutip Hamdani.

Lanjut Sekretaris KPU, rapat konsultasi  untuk membahas  kendala kendala  dalam penyelenggaraanpemilu 2019, sehingga  dapat melahirkan kebijakan  terbaik bagi KPU dalam menata tatakelola pemilu mendatang yang lebih baik.

Sedangkan Ketua KPU Arif Budiman , kata Hamdani dalam sambutannya mengatakan, komisioner  dan sekretaris KPU di seluruh Indonesia menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu tahun 2019 . Dihadapan 3.000 peserta rapat ketua KPU mengatakan, partispasi masyarakat dalam pemilu 2019 mencapai 82 persen.

Angka gugatan sengketa pemilu menurun dari 900 menjadi 300  yang diproses sampai ke persidanga MK hanya 12 sengketa. Dikatakan, pada tahun 2020 KPU akan menyelenggarakan  270 pilkada di kabupaten/kota, harapan kepada penyelenggara agar pilkada mendatang lebih baik lagi, ujar Arif Budiman.

Kegiatan rapat konsolidasi yang berlangsung dari 21-24 September 2019, turut juga hadir dan memberi sambutan Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo. (z).