Ribuan Masker Dibagikan Kepada Pengguna Jalan di Lambaro

BAGIKAN MASKER: Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar, Lukman, sedang membagikan masker kepada para pengguna jalan di kawasan simpang Lambaro, Aceh Besar, Selasa, (24/9/2019).

KOTA JANTHO – Menyikapi kabut asap yang melanda kawasan Aceh Besar dan sekitarnya, ribuan masker dibagikan kepada pengguna jalan di kawasan Simpang Lambaro, Selasa (24/9/2019). Pembagian masker dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan setempat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar, Lukman, SKM, M.Kes mengatakan, pembagian masker dilaksanakan di sejumlah titik, salah satunya di simpang Lambaro. Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker selama adanya kabut asap.

“Kita himbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker. Bagi-bagi masker dilakukan di kawasan Lambaro, kemudian untuk di Puskesmas, nanti kita sampaikan untuk dibagikan,” katanya.

Selain itu, Lukman mengimbau, agar masyarakat memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan, untuk mengantisipasi ternyadinya penyakit yang disebabkan kabut asap ini.

Masyakarat di wilayah Aceh Besar diharapkan tidak panik. Sebab, kata Lukman, kabut asap tersebut berasal dari daerah lain.  “Harapan kita, masyarakat jangan panik, karena asap ini berasal dari kabupaten atau provinsi lain, kita berdoa mudah mudahan turun hujan untuk merendahkan asap ini,” harapnya.

Selama masa darurat kabut asap, pemerintah kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan, berupaya membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat. “Untuk penanganan sementara kita bagikan masker. Dan sejauh ini, belum ada laporan penyakit seperti ISPA dan lainnya, tetapi besok kita lihat nanti. Dan kita tetap siaga,” ujarnya.

Pantauan Analisa, hingga Selasa (24/9/2019) sore, kabut asap masih menyelimuti kawasan Aceh Besar, seperti di kawasan Lambaro, Lampeuneurut, dan lainnya. Sepanjang hari Selasa, cuaca di Banda Aceh dan Aceh Besar terlihat mendung disertai hujan ringan.

Dalam pembagian masker ini, turut dihadiri Asisten 3 Setdakab Aceh Besar, Dr. H Samsul Bahri, MSi, lalu turut hadir juga pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. (b)