BI Selenggarakan Puncak Hari Kunjung Perpustakaan

Kepala KPwBI Lhokseumawe, Yufrizal berfoto bersama para pemenang lomba dalam rangka acara leterisasi di Bank Indonesia Lhokseumawe.

LHOKSEUMAWE – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lhokseumawe menyelenggarakan puncak hari kunjung perpustakaan yang berlangsung, Selasa (24/9/2019) di gedung BI setempat lantai III.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI)  Lhokseumawe sejak  tanggal 9 September 2019 menyelenggarakan  berbagai kegiatan dengan tema “Jak Tajak U Puskata”. Jenis lomba yang dilaksanakan lomba mewarnai, lomba Vlog, lomba video iklan perpustakaan, lomba story telling dan BI Corner Award.

Berbagai perlombaan yang diselenggarakan BI  diikuti oleh peserta terbatas yang telah  bekerjasama dengan Bank Indonesia Lhokseumawe, yaitu penerima BI Corner, pojok dongeng, dan biasiswa Bank Indonesia

KPwBI Yufrizal mengatakan, selain kegiatan lomba  BI juga memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi yang mahasiswanya paling banyak mengunjungi perpustakaan KPwBI Lhokseumawe serta launching aplikasi  “Aku Tanpan”(aplikasi  buku tamu perpustakaan).

Sementara dalam sambutannya Kepala  KPwBI Lhokseumawe, Yufrizal mengatakan, berdasarkan  data Central Connectitut State University menempatkan Indonesia di peringkat ke 60 dari 61 negara dalam laporan yang berjudul Worlds Most Literate Nations. Selain itu data dari Unesco pada tahun 2012 mencatat tingkat minat baca Indonesia hanya 0,001 % atau hanya ada 1 orang  yang rajin membaca dari 1.000 orang.

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat,sejak tahun 2015 Bank Indonesia  telah memberikan  BI Corner )pojok baca BI) yang tersebar di perguruan tinggi, sekolah menengah, perpustakaan daerah dan tempat tempat strategis lainnya. Khusus untuk  kerja KPwBI Lhoksumawe sampai dengan tahun 2019 ini telah diserahkan 14 BI Corner di beberapa kabupaten/kota yang berlokasi di perguruan tinggi, perpustakaan daerah, dan sekolah SMA/SMK. Selain pojok baca untuk membiasakan  membaca sejak usia dini Bank Indonesia juga mendirikan “Pojok Dongeng” di PAUD.

Untuk wilayah  kerja KPwBI Lhokseumawe pada tahun 2019 diserahkan 4 ojok dongeng Penyediaan fasilitas  ini merupakan  salah satu  kontribusi nyata Bank Indonesia untuk mewujudkan sDM maju, Indonesia unggul.

Yufrizal menjelaskan, hari ini yang merupakan hari puncak pelaksnaan rangkaian  kegiatan hari kunung perpustakaan , dalam rangka meningkatkan pelayanan  kepada masyarakar yang berkunjung ke perpustakaan KPwBI Lhokseumawe, hari ini dilakuka launching Aplikasi Aku Tampan (Aplikasi Buku Tamu Perpustakaan). Melalui aplikasi ini  pengunjungn perpustakaan KPwBI Lhokseuaw yang telah memperoleh akreditasi BI ini yang selama ini  mengisi buku tamu melalui  buku secara  fisik, maka sekarang dapat dilakukan  dengan melakukan  scanning ke QR Code AKU TAMPAN sehingga  lebih cepat dan lebih praktis.

Turut hadir pada acara tersebut,  dari dinas terkait, kepala sekolah, PAUD dan perwakilan dari perpustakaan, penerima BI Corner. Melalui acara tere=sebut Kepala BI mengharapkan agar peserta dapat lebih mengenal bI, meningkatkan minat baca masyarakat dan mewujudkan generasi penerus yang lebih berkualitas yang nantinya akan melanjutkan estafet pembangunan.Diakhir acara Bi juga menyerahkan hadiah kepada pemeanan pemenang lomba dalam rangka  acara literasi di Kantor Perwakilan   Bank Indonesia Lhokseumawe. (z).