Mudahkan Daftar JKN-KIS ,BPJS Kesehatan Abdya Rekrut Peserta ke Desa

analisisnews.com/agus
MENDAFTAR: Sejumlah warga Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee, Abdya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS di loket yang dibuka BPJS Kesehatan Abdya, Kamis (3/10/2019).

BLANGPIDIE-Sebagai upaya memperluas kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus melakukan rekrutmen peserta JKN-KIS ke tingkat desa. Selain itu, pihaknya juga melakukan distribusi kartu JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Salah satunya dengan membuka loket-loket pendaftaran di luar kantor BPJS Kesehatan. Hal ini sengaja kita lakukan guna memperluas kepesertaan JKN-KIS, ” ujar Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti kepada wartawan Kamis (3/10/2019).

Dikatakan, pembukaan loket pendaftaran peserta JKN-KIS selain di kantor BPJS Kesehatan memang kerap dilaksanakan pihaknya selama ini yang bekerjasama dengan Puskesmas, Kecamatan hingga ke tingkat desa dan langsung berhubungan dengan keuchik setempat. Selama ini loket pendaftaran dibuka di Puskesmas dan Pustu di setiap Kecamatan . Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat sekitar yang ingin mendaftarkan dirinya untuk menjadi peserta JKN-KIS.

Selama ini, salah satu kendala masyarakat tidak memiliki KIS adalah karena jarak yang jauh dan terkendala dengan waktu serta transportasi ke kantor BPJS.

“Dalam kesempatan ini kami membuka loket pendaftaran untuk masyarakat yang berdomisili di sekitar Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee. Antusias masyarakat sekitar pun cukup tinggi terhadap kegiatan tersebut dan terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar menjadi peserta JKN-KIS hari ini,” sebutnya.

Ditambahkan, untuk kegiatan seperti ini, tempat kegiatannya pun berpindah-pindah, sesuai skala prioritas tempat yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Abdya. Sementara untuk waktu dan lokasi selanjutnya akan disesuaikan dengan jadwal kegiatan serikat Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Abdya.

Dukungan juga mengalir dari Kepala Puskesmas dan Camat setempat. Dimana pihaknya mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Abdya sehingga dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Diah warga Desa Muka Blang mengaku sangat terbantu dengan pembukaan loket pendaftaran itu. Bahkan proses pengurusannya pun juga cepat dan mudah.

Dia dan warga lainnya berharap, pembukaan loket pendaftaran peserta JKN-KIS itu tetap terus berlanjut dan bukan hanya di wilayah Kuala Batee saja akan tetapi di kecamatan lainnya terutama di daerah-daerah pedalaman.
Dengan adanya mekanisme pendaftaran seperti ini, sangat membantu masyarakat sekitar yang belum menjadi peserta JKN-KIS mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Umumnya masyarakat yang berobat di Puskesmas merupakan peserta JKN-KIS dan semua biaya pelayanan kesehatan peserta sudah dijamin oleh Program JKN-KIS.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, dalam pengurusannya pun cepat dan tidak perlu menganteri lama sehingga kami dapat menghemat waktu dan juga bisa menghemat biaya, ” tuturnya. (ag)