Ketua MPP ISMI Siap Bantu Lahirkan KEK Surin Bersyariah

  • Whatsapp
analisisnews.com/ist: PERTEMUAN KHUSUS: Wabup Abdya, Muslizar MT (tengah) saat menghadiri pertemuan khusus dengan Putra Presiden RI ke 3, Ilham Habibie di kediaman Habibie-Ainun, Jakarta, Sabtu (5/10/2019)

BLANGPIDIE-Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), Ilham Habibie siap membantu percepatan lahirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Surin yang bersyariah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

Habiburahman, Sabtu (5/10/2019) selaku juru bicara Tim Task Force Surin Industrial Smart City (SISC) Abdya, mengatakan, anak kandung presiden ketiga RI itu sudah berkomitmen akan membantu menjadikan proyek keummatan pertama dalam sejarah pengembangan ekonomi di Indonesia yang bersyariah. Komitmen itu dibahas dalam pertemuan khusus di kediaman Habibie-Ainun, Jakarta, yang juga ikut dihadiri Wakil Bupati Abdya Muslizar MT beserta pengurus ISMI pusat, ISMI Aceh dan Tim Task SISC Abdya.

Ditambahkan, dalam penjelasan singkat yang disampaikan Ilham Habibie, bahwa demi mempercepat lahirnya KEK Surin harus dilakukan dengan pendekatan pada nilai kekhususan Aceh, yaitu kawasan ekonomi syariah, dengan harapan akan menjadi contoh pertama di Indoesia. Ilham Habibie juga menanyakan langsung progres kerja usulan KEK Surin syariah kepada Ketua Pelaksana Tim Perumus Akselerasi Usulan KEK Surin Abdya, Andi Yudi Hendriawan, dan Ketua ISMI Perwakilan Aceh, Nurchalis.

“Ilham Habibie merupakan pengarah pusat dalam kapasitas keterlibatan ISMI untuk mempercepat proses terwujudnya KEK sebagaimana target yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Kabupaten Abdya dan ISMI. Beliau langsung menanyakan progres dan kesiapan untuk menjadikan KEK Surin di Abdya. Itu artinya bahwa beliau siap membantu kita,” katanya.

Dalam pertemuan itu, dijelaskan bahwa saat ini progres KEK Surin Abdya yang terletak di Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee tersebut sedang disusun percepatan lahirnya seluruh kebutuhan termasuk dokumen dan kebijakan relasi lainnya. Rencananya KEK Surin ini akan menjadi salah satu kawasan ekonomi yang berbasis pada nilai syariah dan berhulu pada industri halal dan pertumbuhan kawasan ekonomi dengan mengedepankan sisi keumatan dan kerja sama jangka panjang.

Ketua Tim Task Force Surin Industrial Smart City, Miswar Fuadi menyambut baik rencana kerja yang sedang digagas oleh ISMI pusat. Hal itu merupakan tindak lanjut kerja sama yang sangat baik bagi pengembangan KEK Surin.

Disebutkan, Tim Perumus Akselerasi (TPA) bentukan MPP ISMI akan melakukan kolaborasi dengan Tim Task Force Surin Industrial Smart City bentukan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, dalam rangka percepatan cikal bakal usulan KEK Syariah Surin dengan melakukan kegiatan bersama, baik di tingkat pusat, Provinsi Aceh dan Kabupaten Abdya.

Sebagai penunjang percepatan KEK ini, pihaknya sudah meresmikan kantor sekretariat bersama SISC Abdya, yang diresmikan langsung oleh Bupati Akmal Ibrahim yang berlokasi di Menara Sentrajaya, Jakarta dan dalam pekan ketiga Oktober ini juga akan diresmikan Kantor Sekretariat bersama SISC Abdya di Surin, Abdya yang direncanakan akan diluncurkan oleh Sekjen MPP ISMI, Juliana Wahid.

“Besar harapan kawasan KEK segera ditetapkan oleh Gubernur Aceh dalam waktu dekat termasuk memilih kawasan Surin sebagai sebuah kawasan KEK untuk barsela dengan skema usulan Konsorsium,” harapnya.(ag)

Pos terkait