Kesuksesan Program JKN-KIS Perlu Dukungan Semua Pihak

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus
JKN-KIS: BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh melakukan pertemuan dan sosialisasi program JKN-KIS dengan anggota DPRK Abdya, Rabu (16/10/2019) sore.

BLANGPIDIE-Kesuksesan dan keberhasilan program program Jaminan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat. Apalagi program tersebut merupakan program yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang No 40 tahun 2004 tentang sistim jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, M. Noval Nasution dalam pertemuan dengan Ketua DPRK Abdya, Nurdianto dan anggota di gedung DPRK setempat, Rabu (16/10/2019) sore mengatakan, sangat banyak manfaat dari program JKN-KIS antara lain sebagai protection diri dan keluarga agar terlindungi kalau sakit terutama sakit berbiaya mahal, dapat membantu peserta lain yang sakit.

Dijelaskan, kanal pendaftaran program JKN-KIS bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS antara lain di kantor cabang/kantor kabupaten BPJS Kesehatan, Booth Pendaftaran, mobile JKN, website BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan call center 1 500 400, mobile customer service dan kecamatan atau pihak ketiga. Untuk peserta bukan penerima upah (PBPU) pembayaran preminya wajib menggunakan auto debit melalui perbankan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Bagi masyarakat perorangan maupun badan usaha yang ingin membantu peserta JKN-KIS yang kesulitan dalam membayar iuran sehingga menunggak bisa melalui program donasi JKN-KIS. Dimana program inu merupakan salah satu wujud gotong royong sesama peserta JKN-KIS dalam perlindungan jaminan kesehatan.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti mengatakan bahwa kesehatan adalah milik setiap warga negara. Hadirnya BPJS Kesehatan yang memiliki azas gotong royong sangat membantu masyarakat yang sakit.

“Setiap orang dan seluruh masyarakat berhak memperoleh jaminan sosial, dan negara menjamin itu, ” singkatnya.

Ketua DPRK Abdya, Nurdianto mendukung dan mengapresiasi terhadap jalannya program tersebut. Menurutnya, JKN-KIS sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mambantu dalam proses pengobatan.
Program JKN-KIS yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka perlindungan kesehatan terhadap masyarakat termasuk anggota DPRK harus semakin ditingkatkan kedepannya. Karenanya peran serta dari semua pihak termasuk masyarakat sangat penting dalan mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) serta menggerakkan masyarakat agar sadar dan ikut bertanggung jawab menjaga kesehatan diri, keluarga serta masyarakat di lingkungannya.

“Kami harapkan BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan layanan yang diperoleh dari fasilitas kesehatan juga harus bermutu, ” imbuhnya. (ag)

Pos terkait