Pembangunan Jalan Dua Jalur Abdya Tahun 2020 Berlanjut

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Ir Much Tavip MM

BLANGPIDIE-Pembangunan jalan dua jalur di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2020 akan terus berlanjut sepanjang 1,5 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Ir Much Tavip MM Jumat (8/11/2019) mengatakan, kelanjutan pembangunan jalan itu telah dipersiapkan dengan anggaran sekitar Rp. 19,5 miliar bersumber dari APBN 2020.

“Kelanjutan pembangunan jalan itu tetap diupayakan sesuai dengan harapan masyarakat. Saat ini menunggu proses tender saja dan awal tahun sudah bisa dikerjakan, ” paparnya.

Dijelaskan, jalan dengan panjang 1,5 kilometer itu akan dibangun didua titik. Pembangunan pertama sepanjang 1 kilometer dimulai dari jembatan Pulau Kayu hingga ke depan Polsek Susoh. Sedangkan 0,5 kilometer lagi, melanjutkan pembangunan jalan dua jalur dari depan SMAN Harapan Persada kawasan Padang Meurante Desa Ujung Padang Kecamatan Susoh ke arah simpang empat Desa Ujung Padang. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengupayakan pelebaran jembatan Pulau Kayu yang nantinya akan disesuaikan dengan lebar badan jalan dua jalur.

Diperkirakan anggaran yang terserap untuk proses pelebaran jembatan mencapai Rp. 25 miliar. Namun akan ditinjau kembali setelah proses tender kegiatan lainnya selesai. Jika anggarannya tersisa, maka akan diperuntukan untuk membangun jembatan Pulau Kayu.

“Jika anggarannya tersedia, pembangunan jembatan dilakukan bersamaan dengan pembangunan jalan di tahun 2020. Namun jika anggarannya tidak memungkinkan, berarti akan dibangun pada tahun selanjutnya,” terangnya.

Sejauh ini, tidak ada kendala apapun yang dihadapi, mulai dari proses pengukuran dan lainnya. Apalagi batas jalan yang diukur itu sudah sesuai dengan daerah milik jalan (DMJ). Lebih lanjut dikatakan, sudah selayaknya Abdya memiliki jalan dua jalur. Apalagi, Kabupaten Abdya termasuk salah satu kabupaten/kota yang belum memiliki jalan dua jalur. Pihaknya berharap jalan ini akan selesai sesuai dengan target perencanaan. Upaya ini tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terkait lainnya. Akan hal itu, dia mengharapkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat agar proses pembangunan jalan dua di Abdya dapat terwujud sesuai dengan target dan harapan bersama. Sehingga Abdya menjadi kabupaten yang lebih maju, layaknya kabupaten/kota lain di Aceh.

Seperti diketahui, pembangunan jalan dua jalur di Abdya untuk tahap awal sedang dikerjakan dan hampir rampung. Dengan anggaran mencapai Rp.12 miliar bersumber dari APBN 2019, pembangunan jalan sudah dimulai dari jembatan Pulau Kayu ke arah Desa Ujung Padang, tepatnya berakhir di depan SMAN Harapan Persada dengan panjang keseluruhan 1 kilometer.(ag)