Petani Abdya Bersaing di Lomba Asah Terampil

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: ASAH TERAMPIL: Petani perwakilan sembilan kecamatan di Abdya mengikuti lomba asah terampil petani Aceh di halaman Distanpan kabupaten setempat, Selasa (12/11/2019).

BLANGPIDIE-Perwakilan petani dari sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (12/11/2019) mengikuti lomba asah terampil petani Aceh (LAT-PA) yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) setempat.

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT saat membukan kegiatan perlombaan mengatakan, dalam membangun dan memajukan pertanian, peran petani merupakan hal yang paling penting. Awal keberhasilan pertanian di Abdya sepenuhnya ditentukan oleh para petani. Sehingga diperlukan upaya khusus dalam meningkatkan keterampilan juga pengetahuan mereka.

Bacaan Lainnya

“Sangat perlu meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani dalam melakukan usaha tani yang lebih baik serta menguntungkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka,” ujarnya.

Lomba asah terampil ini merupakan sebagai ajang kompetensi antar petani guna mendapatkan SDM pertanian yang handal. Selain itu, kegiatan dimaksud juga salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan petani dalam melaksanakan usaha tani, baik disektor tanaman pangan holtikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan pengetahuan umum lainnya dibidang pertanian.

Ditambahkan, peserta yang menjadi juara satu pada lomba asah terampil ini, nantinya akan mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Aceh. Apabila peserta dari Abdya menang di provinsi, Pemkab Abdya akan memberikan bonus berupa satu unit hand traktor.

“Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan SDM pertanian dan penguatan kelembagaan petani. Apalagi Abdya merupakan kabupaten agaria yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pertanian dan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani,” paparnya.

Kadistanpan Abdya, drh Nasruddin menjelaskan, peserta yang ikut dalam lomba ini merupakan pemenang lomba di tingkat kecamatan kemudian di lombakan ke tingkat kabupaten. Pemenang dalam lomba tingkat kabupaten nanti, akan menjadi perwakilan Abdya ke ajang perlombaan di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 November 2019 mendatang di Banda Aceh. Adapun dewan juri yang dilibatkan sebanyak lima orang terdiri dari ketua sekretariat, kelompok fungsional, bidang peternakan, bidang penyuluh dan bidang pembenihan.

“Sangat banyak manfaat dari kegiatan ini, sehingga diperlukan peran serta petani Abdya demi kemajuan bersama. Kegiatan ini juga didukung oleh pihak perbankan dan sejumlah toko pertanian di Abdya. Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik hingga melahirkan petani-petani berkualitas di Abdya,” harapnya. (ag)

Pos terkait