Masyarakat Gampong Tibang Peringati Maulid

  • Whatsapp
Suasana maulid di Goong Tibang

BANDA ACEH – Masyarakat Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, memperingati maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, yang dipusatkan di Masjid Gampong tersebut, Sabtu (16/11). Perayaan maulid ini turut mengundang Tujuh Gampong di termasuk diluar kecamatan Syiah Kuala.

Keuchik (kepala desa) Tibang, Baharuddin Hanafiah mengatakan, maulid ini juga dirangkai dengan penyerahan santunan kepada anak yatim. “Kita setiap tahun mengadakan maulid. Jadi kali ini yang diundang Tujuh desa,” katanya.

Selain itu, pada Sabtu malam, juga diisi dengan ceramah agama oleh Tgk. Asnawi Jangka dan juga turut diundang walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Camat Syiah Kuala, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat lainnya, serta warga.

Lebih lanjut Baharuddin mengatakan, agenda maulid ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan  rutin yang dilaksanakan masyarakat Tibang setiap tahun. Pada tahun ini, telah dipersiapkan dan direncanakan yang juga merupakan ajang silaturrahmi.

Dalam sejarah kehidupan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya. Oleh karena itu, harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat.

Transformasi tersebut yakni sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani (civil society) yang merupakan bagian dari demokrasi, seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, dan humanisme. Dikatakannya, bahwa sudah saatnya mulai memahami dan memperingati maulid secara lebih mendalam dan fundamental. “Sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok nabi dan rasul terakhir yang sarat dengan serangan ritual-ritual sakralistik simbol keselamatan semata, namun menjadikanya sebagai kelahiran sosok pemimpin,” ucapnya. (SM)

Pos terkait