BPJS Rekrut Peserta Yang Dibiayai Pemerintah Hingga ke Desa

analisisnews.com/agus
MENDAFTAR: Masyarakat Desa Suka Damai Kecamatan Lembah Sabil, Abdya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS pada loket yang dibuka Kantor BPJS Kesehatan Abdya di desa setempat, Kamis (28/11/2019).

BLANGPIDIE-Dalam rangka memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan rekrutmen langsung peserta ke tingkat desa. Program rekrutmen langsung ke tingkat desa seperti di Desa Suka Damai dan Desa Meurandeh Kecamatan lembah Sabil itu dilakukan untuk membantu masyarakat yang selama ini belum terdaftar dalam BPJS-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti Kamis (28/11/2019) mengatakan, rekrutmen peserta dengan cara jemput bola ini dilakukan di dua lokasi yakni di Polindes Desa Sukadamai dan Kantor serbaguna Desa Meurandeh Kecamatan lembah Sabil.

Kegiatan rekrutmen ke desa-desa sudah sering dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat desa yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan serta memiliki kendala waktu dan transportasi untuk mengurus langsung ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Program ini disambut dengan antusias oleh masyarakat. Bahkan animo masyarakat sangat tinggi dilihat dari banyaknya masyarakat yang datang ke loket yang kami sediakan untuk mengurus pendaftaran peserta baru, perubahan data dan penanganan pengaduan, ” ujarnya.

Ditambahkan, dalam kegiatan itu pihaknya juga memberikan edukasi langsung kepada peserta yang hadir yaitu tentang inovasi-inovasi yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan seperti informasi tentang Mobile JKN, rujukan online dan kanal-kanal pembayaran iuran bagi peserta yang sudah bisa dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi untuk datang dan mengantre di Kantor BPJS Kesehatan.

Semua peserta yang datang untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS merupakan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah baik dari anggaran APBN dan APBD.

“Masyarakat menyambut baik terhadap yang kami lakukan ini. Mereka sangat terbantu bahkan bisa dengan mudah terdaftar sebagai peserta, ” paparnya.

Keucik Desa Meurandeh F.Radhianto memberikan apresiasi dan sangat berterima kasih serta mendukung penuh program pemerintah ini. Dia juga menghimbau seluruh warga desa agar bisa mendaftarkan langsung pada loket yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan Abdya. Pihak desa juga
menyampaikan kepada masyarakat terkait jadwal BPJS Kesehatan buka pendaftran di desa-desa sesuai surat jadwal yang disampaikan BPJS Kesehatan.

Hal serupa juga disampaikan Keuchik Suka Damai, Syarifuddin. Menurutnya upaya BPJS Kesehatan Abdya yang turun langsung ke desa sangat mambantu masyarakat setempat. Selama ini banyak terkendala dengan jarak tempuh, sehingga banyak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Dengan upaya membuka loket pendaftaran di desa, sangat membantu masyarakat khususnya yang tunggal di Desa Suka Damai untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS yang iurannya dibiaya oleh pemerintah. Besar harapan program ini tetap berlanjut, sehingga bisa mempermudah masyarakat, ” imbuhnya. (ag)