Operasi Lilin Rencong, Polres Abdya Siapkan Pos Pelayanan dan Pengamanan

analisisnews.com/agus: PENGECEKAN KENDARAAN: Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK didampingi Wakil Bupati Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, ST, MT melakukan pengecekan kendaraan termasuk personel usai apel gelar pasukan lilin rencong 2019 di halaman Mapolres setempat, Kamis (19/12/2019).

BLANGPIDIE-Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menyiapkan dua pos yakni pos pelayanan dan pos pengamanan.

Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK usai apel gelar pasukan lilin rencong di halaman Mapolres setempat, Kamis (19/12/2019) mengatakan, masing-masing pos dimaksud berlokasi di kawasan Desa Kaye Aceh Kecamatan Lembah Sabil untuk pos pelayanan dan di pos terpadu lantas kawasan Desa Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie untuk pos pengamanan.

Disebutkan, apel tersebut dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan Polri dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

Khusus wilayah Abdya memang tidak terdapat gereja, namun pihaknya tetap memerkuat pengamanan seperti patroli secara rutin, razia cipta kondisi untuk mengantisipasi gangguan keamanan, khsusnya terhadap teror-teror yang menganggu kenyamanan dan mengancam keamanan serta keselamatan masyarakat. Diperkirakan dua momen tersebut akan menambah mobilitas dan intensitas kegiatan, terutama di jalan-jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, lokasi wisata, dan tempat keramaian. Tentu situasi dan kondisi tersebut akan menimbulkan berbagai potensi gangguan dan kerawanan yang memerlukan perhatian dari semua pihak.

Ditambahkan, setiap personel tetap fokus melakukan pengamanan dari segala kejahatan dan kriminalitas lainnya. Kemudian, selalu mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam bentuk terorisme, termasuk mewaspadai konflik yang berbau keagamaan dan idiologi. Kapolres juga mengingatkan agar jajarannya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, dan berikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun.

“Selama menjalankan tugas di operasi lilin rencong yang berlangsung selama 10 hari kedepan, para personel harus menjaga keselamatan, bertindak secara tegas namun humanis. Siapkan perlengkapan perorangan, lakukan komunikasi dan koordinasi serta kedepankan kerjasama yang sinergis dengan unsur terkait lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, lokasi objek wisata pasti akan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah, hal ini juga menjadi perhatian serius, agar setiap aktivitas yang dijalankan warga tetap aman dan nyaman. Dia mengharapkan melalui koordinasi yang baik ini mampu mencapai target bersama dalam menyukseskan operasi Lilin Rencong ini di Abdya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Abdya didampingi Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya, Letkol Czi M Ridha Has, ST, MT serta pejabat terkait lainnya melakukan pengecekan kendaraan termasuk personel, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan instansi terkait lainnya. Hadir dalam apel gelar pasukan yaitu unsur Muspida Abdya, sejumlah kepala SKPK, tokoh agama serta pejabat Polres setempat.(ag)