Diresmikan, Objek Wisata Baru di Aceh Besar

ABADIKAN FOTO: Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Indra Gunawan (empat dari kiri) bersama Bupati Aceh Besar Mawardi Ali (lima dari kiri) dan sejumlah unsur terkait, mengabadikan foto bersama di lokasi wisata baru Taman ECOWISATA Blang Bintang Aceh Besar, usai peresmian taman tersebut, Rabu (29/1/2020).

KOTA JANTHO – Salah satu objek wisata baru di kawasan Blang Bintang Aceh Besar diresmikan Bupati Ir. H. Mawardi Ali, Rabu (29/1/2020). Objek wisata tersebut dibangun oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), yang pengelolaannya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Gampong (Desa) Data Makmur, Aceh Besar.

Objek wisata baru tersebut diberi nama  “Taman ECOWISATA” yang berada di pinggir jalan Tol – Sigli Banda Aceh, tepatnya di Gampong Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang.

Taman ECOWISATA dibangun melalui program Bina Lingkungan PT. Angkasa Pura II (Persero) yang nantinya dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata populer di Kabupaten Aceh Besar.

Lokasi wisata tersebut, menawarkan pandangan yang menarik, yang didalamnya terdapat tanaman bunga dan tanaman hidroponik. Disekeliling taman pengunjung dapat menyaksikan barisan pegunungan yang cukup memukau. Di lokasi taman juga terdapat pondok tempat berteduh, sehingga pengunjung yang datang dapat bersantai atau berswafoto.

Usai meresmikan,  Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, mengucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura II yang telah membangun taman ECOWISATA ini melalui program Bina Lingkungan atau Program Corporate Social Responsibility (CSR). “Mudah-mudahan dapat menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Menurutnya, Jarang ada Program Bina lingkungan yang bisa bersinergi langsung dengan desa, untuk membangun secara berkesinambungan. Pihaknya juga berkomitmen, memberdayakan ekonomi masyarakat yang berbasis kepada gampong.

“Kita berharap BUMG gampong Data Makmur ini bisa mengembang Ecowisata ini dengan baik, bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, bagaimana dapat berkembang dengan baik dan menarik wisatawan berkunjung kesini,” katanya.

Untuk menarik pengunjung ketempat wisata, kata Mawardi, dapat dilakukan dengan promosi, untuk menjadikan taman tersebut sebagai tempat yang sangat menarik. Apalagi, katanya, akses dengan ibu Kota Propinsi Aceh, juga  mudah dan terjangkau. Dengan banyaknya dikunjungi, wisatawan sehingga berefek pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara, Eksekutif General Manager Angkasa Pura II, Indra Gunawan mengatakan, pembangunan taman ECOWISATA dimaksud sebagai bentuk kehadiran BUMN untuk negeri. Dikatakannya, konsep yang dibangun adalah tempat wisata untuk keluarga terutama di sekitara Aceh Besar yang akan berdampak terhadap kunjungan ke Aceh.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi di gampong-gampong  teurtama di sekitar SIM,” ujar Indra.

Dia menambahkan, dalam pengelolaannya, taman ekowisata ini sudah diserahkan kepada BUMG untuk dapat dikembangkan menjadi tempat wisata yang akan berdampak positif pada pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di sekitar Gampong Data Makmur.

Selain meresmikan Taman Ecowisata Gampong Data Makmur, Bupati Aceh Besar juga meresmikan dan menyerahkan secara simbolis 10 unit rumah layak huni bantuan Angkasa Pura II kepada masyarakat yang dibangun di Gampong Puuk dan Lamseunong, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar. (b)