Pemkab Abdya Rancang RKPK 2021

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: RANCANGAN AWAL: Sekda Abdya Drs Thamrin membuka forum konsultasi publik rancangan awal RKPK tahun 2021 di aula Bappeda setempat, Selasa (4/2/2020).

BLANGPIDIE-Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya), mulai merancang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) tahun 2021. Rancangan dimaksud dibahas dalam forum konsultasi publik di aula Bappeda setempat.

Sekda Abdya Drs Thamrin saat membuka kegiatan itu Selasa (4/2/2020) mengatakan, forum konsultasi publik ini memiliki nilai strategis dalam rangka mengimplementasikan item-item penting yang terkandung dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) Abdya tahun 2017-2022. Apalagi tahun ini merupakan tahun keempat bagi Pemerintah Kabupaten Abdya dibawah kepemimpinan Bupati Akmal Ibrahim dan Wakilnya Muslizar MT melaksanakan RPJMK. Bahkan, tim penyusunan rencana awal RKPK Abdya telah menyusun 10 agenda prioritas pembangunan yang didasari dari arah dan kebijakan RPJMK Abdya tahun 2017-2022.

Agenda prioritas tersebut diantaranya, peningkatan nilai tambah produk unggulan pertanian perikanan dan kelautan serta kehutanan, pengembangan infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi, pengembangan usaha mikro kecil menengah, pengembangan akses dan jaringan pasar, peningkatan mutu pendidikan dan layanan kesehatan, peningkatan pelaksanaan Syariat Islam, pengurangan angka kemiskinan, perluasan kesempatan kerja, peningkatan akses air minum dan sanitasi serta reformasi birokrasi termasuk tatakelola pemerintahan.

“Forum ini diharapkan mampu memberikan ide-ide cemerlang dan gagasan untuk penyempurnaan dokumen rancangan awal RKPK Abdya tahun 2021,” harapnya.

Kepala Bappeda Abdya Firmansyah, ST menambahkan, pelaksanaan forum konsultasi publik tersebut untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RKPK Abdya tahun 2021 sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017. Hasil yang ingin dicapai dari forum konsultasi publik dimaksud agar tersedianya bahan masukan yang dibahas bersama kepala SKPK dan pemangku kepentingan lainnya guna penyempurnaan rancangan awal RKPK tahun 2021 ini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPK Abdya pada tahun 2021 mendatang. Hal ini sangat penting demi pembangunan Abdya yang lebih baik, maka dari itu kerjasama yang sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Amatan wartawan, selain dihadiri Sekda Abdya, Drs Thamrin, kegiatan diamaksud juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK, Camat dan unsur terkait lainnya. (ag)

Pos terkait