Bupati Aceh Besar Buka Musrenbang Kecamatan Indrapuri

  • Whatsapp
Peserta Musrenbang RKPD tahun 2021 Kecamatan Indrapuri sedang mendengarkan arahan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dalam pembukaan Musrenbang tersebut di aula kantor camat Indrapuri, Senin, (24/2/2020).

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2021 di Aula Kantor Camat Indrapuri, Senin (24/2/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, para anggota DPRK Aceh Besar, staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, para kepala OPD, para camat, Muspika Indrapuri, para perangkat gampong, para pemuda, tokoh pendidik, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pembangunan mesti diawali dengan niat termasuk dalam Musrenbang. Rencana yang dituangkan dalam Musrenbang harus terarah dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang ini harus betul betul mengungkapkan kebutuhan masyarakat dan bukan kepentingan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat dan pejabat Organiaasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersama-sama memberikan kontribusi dan pemikiran positif, sehingga Musrenbang RKPD tersebut dapat bermanfaat untuk memacu dan menyukseskan pembangunan pada semua kecamatan di Aceh Besar.

Dikatakannya, melalui kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2021, banyak hal yang dapat didiskusikan dan dibahas bersama untuk kepentingan dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, menurut Bupati Mawardi, bakal terus berupaya melanjutkan berbagai program pembangunan pro rakyat.  Melalui perencanaan yang baik, maka berbagai prioritas dan kebutuhan yang muncul dari setiap gampong, akan dicarikan solusi dan diharapkan terwujud.

Dalam sektor kesehatan, katanya, Pemkab Aceh Besar merencanakan pembangunan dan pemberdayaan rumah sakit Tipe C, masing-masing di Indrapuri, kawasan Kajhu Kecamatan Baitussalam, dan Lampisang di Kecamatan Peukanbada. Selanjutnya, akan dibangun pula rumah sakit Tipe B di kawasan Lambaro, sehingga pelayanan kepada masyarakat diharapkan lebih maksimal.

Di sektor pendidikan, Mawardi Ali mengungkapkan beberapa hari lalu, Dia diberi kesempatan mendampingi kunjungan Presiden Jokowi meninjau kemajuan pembangunan jalan tol di Aceh Besar. Dalam kesempatan itu, Presiden, kata Mawardi, telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Alhamdulilah, SK kampus IPDN telah ditandatangani di Aceh Besar. Pak Presiden juga memberi apresiasi positif atas bebagai kemajuan pembangunan di Aceh Besar selama ini,” kata Mawardi Ali, disambut tepuk tangan 270 orang peserta Musrenbang RKPD.

Sementara Camat Indrapuri Dr Effendi MSi mengemukakan, secara geografis Kecamatan Indrapuri memiliki tiga mukim,  52 gampong, serta berpenduduk lebih dari 25 ribu jiwa. Sektor pertanian dan perkebunan merupakan andalan masyarakat. Untuk itu, dia mengharapkan dukungan Pemkab melalui OPD untuk memberikan dukungan dan perhatian demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indrapuri.

Kepala Bappeda Aceh Besar Ir Makmun MT menjelaskan, Musrenbang RKPD tahun 2021 itu bertemakan meningkatkan kualitas SDM yang berkarakter dan berbudaya dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat. Selanjutnya kegiatan Musrenbang RKPD akan dilaksanakan bergilir di 23 kecamatan di Aceh Besar sejak 24 Februari hingga 2 Maret 2020 mendatang.

Musrenbang antara lain bertujuan membahas berbagai masukan dan ide yang muncul pada pelaksanaan Musrenbang tingkat gampong, sehingga usulan pembangunan yang menjadi prioritas dan unggulan bisa dibicarakan dan dibahas lagi di Musrenbang kecamatan.

Anggota DPRK Aceh Besar, Firdaus menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RKPD sangat penting untuk menghimpun beragam aspirasi dan keinginan masyarakat. “Di  sini masyarakat masih banyak berada di bawah garis kemiskinan. Oleh karenanya, kami memohon agar perhatian untuk Kecamatan Indrapuri dapat lebih ditingkatkan lagi,” harap Firdaus.

Dikatakannya, sektor kesehatan, pendidikan, kebersihan, serta pemberdayaan ekonomi juga harus menjadi prioritas dan Musrenbang RKPD. (b)

Pos terkait