Ditengah Merebaknya Covid-19, Aktivitas Pasar Abdya Tetap Normal

  • Whatsapp
analisisnews.com/agus: NORMAL: Geliat di Pasar Blangpidie, Abdya tetap normal meski Pemerintah Provinsi Aceh telah menetapkan status tanggap darurat Covid-19 dan pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah,Senin (6/4/2020).

BLANGPIDIE-Meski ditengah merebaknya penyebaran virus Covid-19, dan pasca ditetapkannya status tanggap darurat Covid-19 oleh Pemerintah Aceh untuk seluruh wilayah dalam provinsi setempat termasuk Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kondisi itu tidak membuat geliat aktivitas pasar menurun, bahkan tetap normal. Seperti di Pasar Blangpidie, aktivitas jual beli barang sudah terlihat sejak subuh hari, bahkan hingga sore hari.

Kardi pedagang di pasar setempat Senin (6/4/2020) mengatakan, meski masyarakat tengah dikhawatirkan dengan penyebaran Covid-19, namun aktivitas jual beli di Pasar Blangpidie masih tergolong normal. Bahkan sebagian besar pengunjung dan pedagang melakukan aktivitas tanpa menggunakan masker sebagai alat pelindung diri. Memang ada sedikit kekhawatiran, tapi bisa dilihat secara langsung hampir sebagian besar pedagang hingga pengunjung tidak menggunakan masker. Hal serupa juga turut terlihat dari para pedagang daging mentah seperti pendagang ayam, itiak hingga ikan.

“Kebanyakan pedagang yang melakukan aktivitas jual beli daging tanpa menggunakan masker. Memang kabar virus corona membuat masyarakat khawatir, namu tak menurunkan niat mereka untuk berjualan dan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Karena sejauh ini masih normal-normal saja. Tapi untuk kebersihan tetap diutamakan, seperti rutin melakukan mencuci tangan,” ujarnya.

Rasa kekhawatiran itu bisa terabaikan lantaran para pedagang lebih mengutamakan pendapatan yang nantinya bisa membiayai segala keperluan rumah tangga mereka. Begitu juga dengan masyarakat konsumen, yang selalu mengedepankan tercukupinya kebutuhan rumah tangga, mulai dari makanan untuk disantap setiap hari keperluaan anak.

“Semisal hanya berdiam diri di rumah, tentu akan berakibat buruk terhadap keperluan rumah tangga. Meski virus itu tergolong berbahaya, namun kami tetap waspada dan tetap melakukan ajuran pemerintah terkait mengedepankan pola hidup sehat,” tuturnya.

Taswin pedagang lainnya juga mengutarakan hal serupa. Animo masyarakat dalam berbelanjan masih normal, hanya saja diwaktu-waktu tertentu bisa berkurang pembeli yang datang, seperti pada jam istirahat siang dan sore hari. Umumnya sejumlah pasar di Abdya ramai diseseki pembeli mulai dari subuh hingga siang hari, selebihnya dari jam siang hingga ke sore hari tingkat pembeli agak sedikit berkurang. Dia berharap, penyebaran virus Covid-19 di Abdya dapat terus diminimalisir tentu dengan upaya serta kerjama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

“Umumnya di Pasar Blangpidie, aktivitas bongkar muat barang lebih cenderung dilakukan mulai dari pukul 11.00 WIB-17.00 WIB. Secara umum geliat Pasar di Abdya cenderung normal, meski ada pembatasan aktivitas di luar rumah oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Semoga saja Abdya tetap aman dari penyebaran Covid-19,” singkatnya.(ag)

Pos terkait