Bupati Aceh Besar Bagi Masker Kepada Jamaah Salat Jumat

Bupati Besar Ir H Mawardi Ali bersama bersama relawan PMI maupun unsur Dinas Kesehatan setempat membagi masker kepada para jamaah menjelang pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Besar Al Faizin, Lampeneurut, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (10/4/2020).

KOTA JANTHO – Untik mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Bupati Besar Ir H Mawardi Ali bersama bersama relawan PMI maupun unsur Dinas Kesehatan setempat membagi masker kepada para jamaah menjelang pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Besar Al Faizin, Lampeneurut, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (10/4/2020).

Sebelum memasuki halaman masjid, satu persatu jamaah terlebih dahulu di tes suhu tubuhnya menggunakan Thermo Gun, lalu diserahkan masker untuk dapat digunakan pada saat memasuki masjid.

Bupati Mawardi Ali menyatakan, penggunaan masker ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan menghindari penularan virus Corona (Covid-19), karena itu kepada para jamaah yang hendak memasuki masjid semuanya dibagikan masker dengan harapan masyarakat Aceh Besar dapat terhindar dari penyebaran pandemi ini.

“Upaya-upaya pencegahan virus ini terus kita lakukan, dan pada masyarakat yang terdampak Covid-19 juga pemerintah memperhatikannya,” ujar Mawardi Ali.

Mawardi Ali menegaskan, masyarakat Aceh tidak mungkin dilarang untuk shalat jumat, apalagi menutup mesjid, namun dalam kondisi darurat covid-19 ini tentu saja harus betul-betul dijaga agar tidak ada jamaah yang shalat jumat yang terinfeksi corona.

“Karena itu, setiap jamaah yang masuk kemesjid terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya, kalau ada yang tidak sehat apakah itu gejala virus atau bukan, misalnya Pilek, Batuk, Demam. Bahkan pilek biasa kita sarankan untuk berobat terlebih dahulu dan tidak melaksanakan Shalat Jumat di Mesjid. Ini dilakukan demi kenyamanan bersama agar,” tegas Bupati Aceh Besar.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar pembagian masker yang dilakukan hari ini merupakan upaya tim gugus Covid-19 Aceh besar bersama PMI untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Aceh Besar.

“Ada sekitar 5.000 masker yang dibagikan hari ini di 5 mesjid di Kabupaten Aceh Besar, salah satunya di Mesjid Besar Al Faizin Darul Imarah ini, mudah-mudahan kita berharap warga Aceh Besar jangan ada lagi yang terinfeksi virus Covid-19 ini,” ujar Anita.

Menurutnya, untuk mencegah penyebaran covid-19 ini, masyarakat wajib menggunakan masker pada saat beraktivitas diluar, kemudian sering mencuci tangan setiap selesai melakukan kegiatan, juga melakukan phsycal distancing atau jaga jarak antara 1 – 2 meter dan menghindari tempat keramaia.

“Pelaksanaan shalat jumaat ini merupakan kewajiban, tapi kita tetap berupaya untuk melakukan physical distansing, dan juga menggunakan masker,” harapnya. (b)