BREAKING NEWS: PSBB Banten Disetujui Menkes dan Ini Wilayah Penerapannya

Menkes RI, Terawan Agus Putranto. ( Foto: Beritasatu/Lenny Tristia Tambun)

JAKARTA – Menyusul Jakarta dan Jawa Jarat yang lebih dulu disetujui, kini giliran provinsi Banten yang disetujui menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Pusat.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menandatangani surat penajuan PSBB dimaksud. “Sudah (ditandatangani),” kata Juru Bicara Pemerintah soal Penanganan Corona, dr Achmad Yurianto, sebagaimana dilansir detik.com, Minggu (12/4/2020).

BACA JUGA: PSBB Bogor Bekasi dan Depok Mulai Rabu 15 April

Dikatakannya, sejumlah daerah yang akan diterapkan PSBB di provinsi Banten diantaranya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Ketiga wilayah tersebut berbatasan langsung dengan provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA: BKMT Aceh Serahkan Bantuan APD untuk IDI

“Kemudian hari ini kami proses PSBB untuk wilayah Provinsi Banten, baik yang berada di Kota Tangerang, Kab Tangerang, maupun Kota Tangerang Selatan,” ujar Yuri saat memberikan keterangan di kantor BNPB yang disiarkan langsung lewat Akun YouTube BNPB, Minggu sore.

BACA JUGA: ASN Berani Mudik di Tengah Pandemi Corona? Ini Hukumannya

Dengan penerapan PSBB di wilayah Banten, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Disisi lain, Yuri juga menegaskan penyebaran virus corona melalui kontak antarmanusia, maka aktivitas masyarakat perlu dibatasi.

BACA: Turki Berlakukan Jam Malam dan Tutup Perbatasan 31 Kota atasi Corona

Sebelumnya, PSBB sudah diberlakukan di Provinsi DKI Jakarta, yang mulai berlaku sejak Jumat, 10 April 2020. Menyusul DKI, usulan provinsi Jawa Barat juga disetujui menteri, untuk penerapan PSBB yang meliputi Depok, Bogor, dan Bekasi. Diperkirakan PSBB di ketiga wilayah di Jabar akan mulai berlaku pada Rabu mendatang. (red)