150 Paket Pembersih Lantai Disalurkan ke Masjid di Aceh Besar

Analisisnews.com/barlian: Kepala Dinas Syariat Islam kabupaten Aceh Besar Carbaini SAg (kanan) bersama ketua DMI Aceh Ustadz H Fachruddin Lahmuddin, SAg, MPd (dua dari kiri) dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Muhajir SSTP, MPA menunjukkan paket alat Pel pembersih lantai kepada Bupati Aceh Besar Mawardi Ali (dua kanan) di depan gedung Dekranasda setempat di kawasan gampong Gani, Aceh Besar, Rabu (15/4/2020).

KOTA JANTHO – Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), sebanyak 150 paket pembersih lantai dan peralatannya dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) pusat, disalurkan kepada masjid-masjid di kabupaten Aceh Besar. Penyerahan paket digelar di gedung Dekranasda setempat, kawasan Gampong Gani, Rabu, (15/4/2020).

Terlihat, semua paket yang sudah dikemas dalam kotak diangkut dengan kenderaan. Didalamnya terdapat peralatan Pel dan cairan pembersih lantai yang akan digunakan di masjid-masjid.

Usai penyerahan paket dimaksud, Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali mengatakan, saat ini tidak ada pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif Covid-19 di Aceh Besar. Namun dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati ditengah wabah virus itu.

“Tetap menjaga jarak. Yang terpenting jaga kebersihan masjid dan masjid tidak boleh kosong,” kata Bupati Mawardi Ali didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakab Muhajir, SSTP, MPA.

Terkait paket pembersih lantai tersebut, Bupati Aceh Besar mengharapkan kiranya dapat digunakan dan dimanfaatkan bagi masjid di daerah itu. “Ini semuanya adalah dari Dewan Masjid Indonesia (DMI). DMI pusat memberikan kepada DMI Provinsi dan Provinsi menyalurkan kepada masjid yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Mudah-mudahan berguna,” harapnya.

Lebih lanjut Mawardi Ali mengungkapkan, pada hari Jumat mendatang dilakukan pembersihan di masjid-masjid serta dilakukan pengukuran suhu tubuh jamaah sebelum memasuki halaman masjid.

“Apalagi hari Jumat, kerjasama dengan pemkab, pemuda, PMI, TNI juga membersihkan masjid dan mengukur suhu tubuh jamaah. Jamaah yang sakit jangan ke masjid dulu,” katanya.

Sebelumnya, dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, Pemkab Aceh Besar membagi-bagi puluhan ribu masker kepada masyarakat, termasuk kepada jamaah yang melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid.

Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan pemukiman oleh Unsur tim gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Aceh Besar yang bekerjasama dengan relawan PMI di daerah itu.

Sementara, Ketua DMI Aceh, Ustadz H Fakhruddin Lahmuddin, SAg, MPd mengatakan, bantuan tersebut merupakan kerjasama DMI dengan Unilever untuk diserahkan ke masjid sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Turut hadir juga dalam penyerahan paket ini diantaranya, Kepala Dinas Syariat Islam kabupaten Aceh Besar, Carbaini, S.Ag, ketua MPU Aceh Besar Tgk H Muksalmina AW, Kajari Aceh Besar Rajendra Dharmalinga Wiritanaya SH dan sejumlah pejabat terkait. (b)