Kadiskop UKM Perindag Abdya: Agen LPG Harus Awasi Pangkalan

Kadiskop UKM Perindag Abdya, Azhar Anis ST

BLANGPIDIE-Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskop UKM Perindag) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Azhar Anis ST, Jumat (17/4/2020) mengingatkan agen LPG 3 kilogram bersubsidi dalam kabupaten setempat agar mengawasi seluruh pangkalannya masing-masing sehingga tidak terjadi antrean panjang dan kerumunan warga saat mendapatkan gas. Hal itu disampaikannya mengingat sedang pandemi virus corona (Covid-19), sehingga virus itu tidak semakin meluas.

Dikatakan, pihaknya sudah melayangkan surat edaran kepada PT Suria Meukat Gah dan PT Gah Lhee Kilo selaku agen penyalur untuk mengawasi sejumlah pangkalannya masing-masing dan menghindari keramain selama pandemi Covid-19 ini. Selain menghindari keramaian, Diskop UKM Perindag juga meminta dua Agen tersebut untuk mengingatkan pangkalannya tidak menjual Gas 3 Kg bersubsidi diatas harga eceran tertinggi (HET) sebagai mana diatur dalam Surat Keputusan Bupati Abdya nomor 461 tahun 2017 tentang penetapan HET Gas 3 Kg bersubsidi.

“Kami telah mengirimkan surat kepada pihak agen, apalagi dalam waktu dekat akan memasuki bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah, sehingga perlu pengawasan, ” ujarnya.

Dia ingin memastikan kalau penjualan gas bersubsidi benar-benar sesuai dengan HET yakni sebesar Rp. 22.500 per tabung isi 3 Kg. Kemudian meminta kepada agen untuk memastikan pangkalan tidak melakukan penjualan Gas 3 Kg kepada yang tidak berhak. Berikutnya, memastikan Gas 3 Kg tetap tersedia sesuai dengan jumlah kuota masing-masing pangkalan. Termasuk mengatur sistem distribusi Gas 3 Kg kepada warga sesuai dengan SOP Covid-19 tidak dibenarkan terjadi antrean panjang dan kerumunan warga di pangkalan.

“Bila terjadi hal-hal yang tidak sesuai prosedur, maka pihak agen akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami tetap melakukan pengawasan, tujuannya agar apa yang telah disubsidi dapat dirasakan oleh masyarakat yang berhak,” pungkasnya. (ag)