Peduli Ditengah Covid-19, KNPI Aceh Produksi APD dan Masker

Ketua KNPI Aceh, Wahyu Saputra bersama pengurus KNPI memperlihatkan APD yang diproduksi organisasi kepemudaan itu

BANDA ACEH – Virus Corona atau lebih dikenal Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memang telah mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat, terutama di bidang kesehatan. Kini tenaga medis sebagai garda terdepan, butuh perhatian berbagai pihak. Kepedulian pun mengalir ditenga pandemi Covid-19 itu, termasuk dari para pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh.

Berbagai upaya dilakukan oleh KNPI Aceh untuk ikut mencegah dan menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di provinsi paling barat Indonesia itu.

Ketua KNPI Aceh Wahyu Saputra mengatakan pihaknya berencana memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) dan masker yang akan didistribusikan untuk seluruh Aceh. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya menargetkan, produksi sebanyak 10 ribu APD dan 100 ribu masker yang akan disalurkan ke seluruh pelosok negeri.

“Pandemi ini harus disikapi bersama dan kita ikut mendukung Pemerintah Aceh menuntaskan persoalan bersama dengan cara pemuda yaitu produksi sendiri APD dan masker,” kata Wahyu ketika membuka kegiatan Pemuda Bergerak di Kantor DPD KNPI Kota Banda Aceh, Sabtu (18/4/2020).

Seperti diketahui, tenaga medis cukup beresiko sehingga dibutuhkan perlengkapan memadai. Di Indonesia sendiri secara nasional meningkatnya jumlah dokter dan perawat yang terinfeksi, hingga ada yang meninggal dunia.

Menurut Wahyu Saputra, KNPI Aceh dan KNPI Kota Banda Aceh akan melakukan kegiatan dengan menggalang dukungan warga dan memanfaatkan tenaga pemuda KNPI untuk menyediakan APD bagi tenaga medis dan masker untuk warga. “Kita sebut ini sebagai gerakan bersama, anda donasi kami produksi dan kita distribusi,” kata Wahyu.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, KNPI menunggu dukungan donasi dari semua pihak bagi penyediaan bahan baku. Pihaknya akan melibatkan pemudi alumni menjahit KNPI untuk memproduksi. “Kita akan mendistribusikannya ke seluruh pelosok negeri, ayo bergerak bersama pemuda” ujar Wahyu. (adv)